Scroll untuk baca artikel
BeritaOperasi

OMB Rinjani 2023: Kasi Propam Polres Lombok Barat Tegaskan Netralitas Anggota Polri

259
×

OMB Rinjani 2023: Kasi Propam Polres Lombok Barat Tegaskan Netralitas Anggota Polri

Sebarkan artikel ini
Satgas OMB Rinjani 2023
Arahan Kasi Propam Polres Lombok barat kepada Satgas OMB Rinjani 2023

Lombok Barat, NTB – Kepala Seksi Propam Polres Lombok Barat, AKP Jahyadi Sibawaih, SH., menegaskan netralitas anggota Polri dalam pelaksanaan Operasi Brata Rinjani 2023. Hal itu disampaikan dalam arahan yang disampaikan kepada personel Polres Lombok Barat yang terlibat dalam Operasi Brata Rinjani 2023, Sabtu (21/10/2023).

AKP Jahyadi Sibawaih mengatakan, netralitas anggota Polri merupakan hal yang mutlak dalam pelaksanaan pemilu. Hal itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Netralitas anggota Polri merupakan hal yang mutlak dalam pelaksanaan pemilu. Hal itu agar pemilu dapat berjalan secara demokratis dan bebas dari intervensi pihak manapun,” kata AKP Jahyadi Sibawaih.

Dalam arahannya, AKP Jahyadi Sibawaih menyampaikan beberapa hal, terkait dengan penekanan Kadiv Propam Polri, kepada personel Satgas Operasi Brata Rinjani 2023. “Supaya terhindar dari pelanggaran disiplin maupun Kode Etik anggota Polri selama pelaksanaan Operasi Brata Rinjani 2023. Tentunya juga netralitas anggota Polri merupakan bentuk Profesionaltitas anggota Polri dalam Operasi Brata Rinjani 2023,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kasi Propam Polres Lombok Barat, menyampaikan penekanan Kadiv Propam Polri. Seperti larangan membantu medeklarasikan dukungan kepada partai peserta pemilu dan bakal pasangan caleg/capres/cawapres.

Kemudian juga, anggorta Polri dilarang memberi/meminta/distribusi janji,hadiah, sumbangan atau bantauan dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan pemilu. Larangan menggunakan/memasang/memerintah orang lain untuk memasang atribut pemilu.

Juga dilarang menghadiri, menjadi pembicara/narasumber pada kegiatan deklarasi/ rapat, kampanye dan pertemuan parpol.

“Kecuali pengamanan, itupun harus berdasarkan surat perintah tugas, karena bagian dari tugas kita sebagai penjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat,” katanya.

Masih banyak lagi hal-hal penting lainnya yang disampaikan, sehingga AKP Jahyadi Sibawaih juga mengingatkan Kembali kepada personel Polres Lombok Barat yang terlibat dalam Operasi Brata Rinjani 2023. Terkait dengan keterlibatan maupun ketidak netralan anggota Polri, bila menemukannya akan ditindak tegas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *