Scroll untuk baca artikel
Berita

Polsek Kediri Sosialisasi TPPO, Edukasi Masyarakat agar Terhindar dari Tindak Kejahatan

98
×

Polsek Kediri Sosialisasi TPPO, Edukasi Masyarakat agar Terhindar dari Tindak Kejahatan

Sebarkan artikel ini
Polsek Kediri Sosialisasi TPPO, Edukasi Masyarakat agar Terhindar dari Tindak Kejahatan

Kediri, Lombok Barat – Polsek Kediri, Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan kegiatan sosialisasi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) kepada masyarakat di Desa Gelogor, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (26/10/2023). Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang TPPO dan cara menghindarinya.

Kapolsek Kediri Iptu Dina Rizkiana, S.Tr.K., mengatakan bahwa TPPO merupakan kejahatan yang sangat serius dan dapat merugikan korban secara materil dan psikis. “TPPO adalah segala bentuk perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, penjualan, dan/atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, pemaksaan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan, atau penyalahgunaan keadaan, untuk tujuan eksploitasi,” kata Iptu Dina Rizkiana.

Dalam sosialisasi tersebut, petugas memberikan penjelasan tentang berbagai modus TPPO, seperti penipuan, perdagangan anak, dan perdagangan tenaga kerja. Petugas juga memberikan informasi tentang mekanisme yang sah untuk bekerja ke luar negeri sebagai migran Indonesia.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap modus-modus TPPO,” kata Iptu Dina Rizkiana. “Apabila ada masyarakat yang merasa ada keluarganya menjadi korban TPPO, agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian,” tambahnya.

Sosialisasi TPPO yang dilakukan oleh Polsek Kediri disambut baik oleh masyarakat. Para peserta sosialisasi mengaku mendapatkan informasi yang bermanfaat dari kegiatan tersebut.

Dengan adanya sosialisasi TPPO ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami tentang TPPO dan cara menghindarinya. Sehingga, masyarakat dapat terhindar dari menjadi korban TPPO.

Tips Menghindari TPPO

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari TPPO:

  1. Berhati-hati dan waspada terhadap modus-modus TPPO.
  2. Jangan mudah percaya dengan iming-iming pekerjaan yang menjanjikan.
  3. Pastikan lowongan pekerjaan yang ditawarkan resmi dan legal.
  4. Lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan atau agen yang menawarkan pekerjaan.
  5. Jangan memberikan data pribadi kepada orang yang tidak dikenal.
  6. Jangan menerima tawaran pekerjaan yang mengharuskan Anda membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *