Scroll untuk baca artikel
BeritaHukrimOperasi

Polres Lombok Barat Gelar Patroli Siber dan Penyidikan Tindak Pidana Pemilu

143
×

Polres Lombok Barat Gelar Patroli Siber dan Penyidikan Tindak Pidana Pemilu

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Gelar Patroli Siber dan Penyidikan Tindak Pidana Pemilu.
Ilustrasi. Image by Freepik

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar patroli siber dan penyidikan tindak pidana Pemilu, Kamis (2/11/2023).

Kasat Reskrim, Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K., menjelasakan tujuan kegiatan ini. Tujuannya adalah untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang, pada saat, dan pasca Pemilu 2024.

Patroli Siber Subsubsatgas Siber Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melaksanakan patroli siber di media sosial dan media online guna melihat isu yang berkembang terkait Pemilu 2024.

“Patroli ini dilakukan untuk mencegah dan menindak penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, dan tindak pidana siber lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024,” ungkapnya.

Selain itu, Subsubsatgas Siber juga melakukan profiling terhadap pelaku/potensi pelaku peretas sistem IT dan kejahatan cyber terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

Profiling ini dilakukan untuk mengetahui modus operandi dan jaringan pelaku kejahatan siber, sehingga dapat dilakukan pencegahan dan penindakan yang lebih efektif.

Penyidikan Tindak Pidana Pemilu Subsubsatgas Pidum Satgas Gakkum Polres Lombok Barat juga melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana Pemilu yang terjadi di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Tindak pidana Pemilu yang dimaksud adalah tindak pidana yang terjadi sebagai akibat penyelenggaraan Pemilu, seperti tindak pidana pemilu, tindak pidana umum yang terjadi saat dilaksanakan Pemilu, dan tindak pidana lain yang terkait dengan Pemilu.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Satgas Gakkum Polres Lombok Barat bersinergi dengan stakeholder lain. Seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Masyarakat berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *