Scroll untuk baca artikel
BeritaKeamananOperasi

Satgas Kamseltibcar Lantas Polres Lombok Barat Siap Amankan Rangkaian Kegiatan Pemilu 2024

2587
×

Satgas Kamseltibcar Lantas Polres Lombok Barat Siap Amankan Rangkaian Kegiatan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Satgas Kamseltibcar Lantas Polres Lombok Barat Siap Amankan Rangkaian Kegiatan Pemilu 2024

Gerung, Lombok Barat – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Satuan Tugas (Satgas) Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) Polres Lombok Barat, Polda NTB, terus melakukan berbagai kegiatan pengamanan untuk menciptakan situasi kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang kondusif di wilayah hukumnya.

Pada hari Jumat (3/11/2023), Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat melaksanakan kegiatan patroli sambang ke beberapa lokasi. Khususnya yang berkaitan dengan rangkaian kegiatan pemilu.

Pastikan Tidak Ada Gangguan Terkait Kamseltibcar Lantas

Seperti kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gudang KPU, dan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Barat. Kegiatan patroli sambang ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban di tempat-tempat tersebut. Serta untuk memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada para petugas dan pengawas pemilu.

“Kami ingin memastikan bahwa tidak ada gangguan atau ancaman terhadap proses tahapan pemilu di wilayah kami. Juga ingin memberikan dukungan dan motivasi kepada para petugas dan pengawas pemilu. Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional,” ujar Kasat Lantas Polres Lombok Barat, AKP Agus Rachman, SH., selaku Kasatgas Kamseltibcarlantas.

Selain melakukan patroli sambang, Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat juga melakukan kegiatan pengaturan lalu lintas di jalan bypass bundaran Gerung. Lokasi ini merupakan salah satu titik rawan kemacetan di wilayah tersebut.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya peningkatan volume kendaraan yang melintas akibat adanya rangkaian kegiatan pemilu.

“Kami melakukan pengaturan lalu lintas di jalan bypass bundaran Gerung untuk mengurai kemacetan dan menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kami juga mengimbau kepada pengendara untuk tetap tertib dan patuh terhadap aturan lalu lintas,” kata AKP Agus Rachman.

Maksimalkan Koordinasi dan Kerjasama dengan Pihak Terkait

Tak hanya itu, Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat juga bertugas untuk melakukan pengawalan terhadap rangkaian kegiatan pemilu. Seperti pengiriman logistik pemilu, perpindahan kotak suara dari tingkat desa ke tingkat kecamatan, pleno di tingkat kecamatan, hingga penyimpanan kotak suara di gudang KPU.

“Kami melakukan pengawalan terhadap rangkaian kegiatan pemilu untuk memastikan bahwa tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti TNI, Pemerintah Daerah, PPK, Panwascam, dan Bawaslu untuk menciptakan sinergitas yang baik,” kata AKP Agus Rachman.

Selanjutnya, Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat juga melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilu. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menyampaikan pesan-pesan kamtibmas melalui spanduk, pamflet, brosur, atau media sosial.

“Kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam pemilu dengan cara yang damai dan demokratis. Kami juga mengingatkan mereka untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata AKP Agus Rachman.

Untuk Kamseltibcarlantas yang Kondusif di Wilayah Lombok Barat

AKP Agus Rachman menegaskan bahwa Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam hal pengamanan rangkaian kegiatan pemilu. Ia juga berharap agar masyarakat dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menciptakan situasi kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang kondusif di wilayah Lombok Barat.

“Kami akan terus melaksanakan kegiatan pengamanan rangkaian kegiatan pemilu hingga selesai. Harapannya agar masyarakat dapat mendukung kami dengan cara menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitarnya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam melaksanakan tugas kami,” tutup AKP Agus Rachman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *