Scroll untuk baca artikel
KeamananOperasiPemilu 2024

Sat Samapta Polres Lobar Amankan Gudang KPU Jelang Pemilu 2024

1712
×

Sat Samapta Polres Lobar Amankan Gudang KPU Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Sat Samapta Polres Lobar Amankan Gudang KPU Jelang Pemilu 2024

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka Operasi Mantap Brata (OMB) Rinjani 2023-2024, personel Sat Samapta Polres Lombok Barat, selaku Satgas Preventif, melakukan pengamanan gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat, Selasa (21/11/2023).

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP Sony Hartono, mengatakan bahwa pengamanan gudang KPU bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas, terkait dengan tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Lombok Barat.

“Kami mengerahkan empat personel Sat Samapta Polres Lobar untuk melaksanakan pengamanan di gudang KPU Lombok Barat, yang berlokasi di Kecamatan Kediri, mulai pukul 08.40 Wita sampai selesai,” ujar AKP Sony Hartono.

Ia menambahkan bahwa personel Sat Samapta Polres Lobar juga melakukan koordinasi dengan staf KPU Lombok Barat terkait pengamanan gudang KPU. Ia berharap agar staf KPU Lombok Barat bersama-sama menjaga keamanan di seputaran gudang KPU, agar situasi tetap aman dan kondusif.

“Kami berharap agar pelaksanaan pemilu serentak 2024 di Kabupaten Lombok Barat berjalan dengan aman dan lancar, tanpa ada kendala apapun. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pemilu, dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bertanggung jawab,” tutur AKP Sony Hartono.

Adapun potensi gangguan di gudang KPU Lombok Barat yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

  • Gangguan keamanan yang disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti pencurian, perusakan, atau sabotase logistik pemilu. Hal ini dapat mengganggu kelancaran dan kredibilitas penyelenggaraan pemilu serentak 2024 di Kabupaten Lombok Barat.
  • Gangguan ketertiban yang disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu, seperti unjuk rasa, demo, atau kerusuhan. Hal ini dapat menimbulkan keresahan dan ketakutan di masyarakat, serta merusak fasilitas umum dan infrastruktur.
  • Gangguan cuaca yang disebabkan oleh musim hujan, seperti banjir, tanah longsor, atau angin kencang. Hal ini dapat merusak logistik pemilu, terutama kertas surat suara yang gampang rusak jika terkena air hujan. Hal ini juga dapat menghambat proses distribusi dan pengembalian logistik pemilu.

Untuk mengantisipasi potensi gangguan di gudang KPU Lombok Barat, Polres Lombok Barat telah melakukan pengamanan secara ketat, dengan mengerahkan personel Sat Samapta Polres Lobar, serta berkoordinasi dengan staf KPU Lombok Barat. Polres Lombok Barat juga melakukan patroli preventif di sekitar gudang dan kantor KPU Lombok Barat, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *