Scroll untuk baca artikel
Budaya

Kapolsek Gerung Pantau dan Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Lombok Barat

109
×

Kapolsek Gerung Pantau dan Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Kapolsek Gerung Pantau dan Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Kapolsek Gerung, Iptu I Kadek Sumerta, SH., melakukan monitoring dan pengamanan kegiatan tradisi adat nyongkolan di wilayah Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (3/12/2023).

Tradisi adat nyongkolan merupakan salah satu warisan budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakat Lombok Barat. Dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan ini, kepolisian turut serta memberikan pengamanan yang diperlukan.

Ada dua titik lokasi kegiatan tradisi adat nyongkolan yang menjadi fokus pengamanan oleh Kapolsek Gerung. Pertama, nyongkolan dimulai dari Desa Bagek Polak, Kecamatan Labuapi, menuju rumah mempelai perempuan yang berada di Dusun Kemuning, Desa Banyu Urip, Kecamatan Gerung.

Kedua, nyongkolan dimulai dari Desa Perampuan, Kecamatan Labuapi, menuju rumah mempelai perempuan yang berada di Dusun Kebon Konggok, Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung.

Kapolsek Gerung menjelaskan bahwa kegiatan monitoring dan pengamanan ini melibatkan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan pihak desa setempat.

“Kolaborasi antara kepolisian dan pihak terkait tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan nyongkolan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Dalam pengamanan kegiatan ini, Kapolsek Gerung juga mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Meskipun tradisi adat nyongkolan memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi, keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas utama.

Kegiatan nyongkolan di Lombok Barat tidak hanya menjadi ajang perayaan adat, tetapi juga sebagai bentuk pelestarian budaya lokal. Tradisi ini menjadi wadah bagi masyarakat Lombok Barat untuk menjaga dan menghormati warisan nenek moyang mereka.

Melalui kegiatan ini, generasi muda diajak untuk mengenal, menghargai, dan melestarikan nilai-nilai tradisi yang telah diwariskan.

Partisipasi kepolisian dalam pengamanan kegiatan tradisi adat nyongkolan menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dengan adanya pengamanan yang baik, diharapkan kegiatan nyongkolan dapat berlangsung dengan aman dan lancar, sehingga memberikan pengalaman yang berharga bagi masyarakat Lombok Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *