Scroll untuk baca artikel
Budaya

Pengamanan Nyongkolan di Dusun Karang Makam Kuripan, Lombok Barat oleh Polsek Kuripan

116
×

Pengamanan Nyongkolan di Dusun Karang Makam Kuripan, Lombok Barat oleh Polsek Kuripan

Sebarkan artikel ini
Pengamanan Nyongkolan di Dusun Karang Makam Kuripan, Lombok Barat oleh Polsek Kuripan

Lombok Barat, NTB – Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, telah melaksanakan pengamanan kegiatan adat nyongkolan di Dusun Karang Makam, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat pada Minggu (3/12/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas dan memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Kapolsek Kuripan, Ipda Fahrizal Eko Suryanto, menjelaskan bahwa personel Polsek Kuripan telah melaksanakan pengamanan sejak pukul 16.00 WITA hingga selesai. Selama kegiatan tersebut, personel Polsek Kuripan bertugas mengatur arus lalu lintas agar masyarakat pengguna jalan lainnya tidak terhambat.

Ipda Fahrizal menambahkan, “Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.” Hal ini menunjukkan bahwa pengamanan yang dilakukan oleh Polsek Kuripan telah berhasil menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama kegiatan nyongkolan berlangsung.

Nyongkolan merupakan tradisi adat masyarakat Lombok yang memiliki makna sebagai simbol penyambutan pengantin baru. Biasanya, nyongkolan dilakukan dengan berjalan kaki dari rumah pengantin pria menuju rumah pengantin wanita. Selama prosesi ini, keluarga, kerabat, dan masyarakat sekitar turut serta dalam kegiatan tersebut.

Tradisi nyongkolan tidak hanya menjadi momen penting bagi keluarga pengantin, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antarwarga. Melalui kegiatan ini, masyarakat Lombok dapat saling berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dalam menyambut kedatangan pengantin baru.

Pengamanan yang dilakukan oleh Polsek Kuripan merupakan bentuk komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan adanya pengaturan arus lalu lintas yang baik, masyarakat pengguna jalan lainnya dapat tetap melintas dengan nyaman tanpa terhambat oleh kegiatan nyongkolan.

Polsek Kuripan, sebagai bagian dari Polres Lombok Barat, juga berperan aktif dalam menjaga kamtibmas di wilayahnya. Melalui kegiatan pengamanan seperti ini, Polsek Kuripan memberikan rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat agar mereka dapat merayakan tradisi adat dengan tenang dan tanpa gangguan.

Sebagai masyarakat, kita juga perlu mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Polsek Kuripan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan nyongkolan berlangsung. Dengan adanya pengamanan yang baik, kita dapat merasakan suasana yang tenang dan nyaman saat mengikuti tradisi adat ini.

Di masa depan, diharapkan Polsek Kuripan dan pihak terkait dapat terus bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan demikian, tradisi adat seperti nyongkolan dapat terus dilestarikan dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya masyarakat Lombok.

Terakhir, mari kita bersama-sama menjaga dan merayakan tradisi adat dengan penuh kebanggaan dan rasa syukur. Semoga kegiatan nyongkolan di Dusun Karang Makam, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat dapat terus berjalan dengan aman dan lancar di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *