Scroll untuk baca artikel
Budaya

Polsek Kuripan Amankan Nyongkolan dari Terara Lombok Barat

132
×

Polsek Kuripan Amankan Nyongkolan dari Terara Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Polsek Kuripan Amankan Nyongkolan dari Terara Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, berhasil mengamankan kegiatan adat nyongkolan yang berasal dari Kecamatan Terara, Lombok Timur. Nyongkolan ini menuju Dusun Pelabu Barat, Desa Kuripan Selatan pada hari Minggu (3/12/2023).

Kegiatan pengamanan ini melibatkan bhabinkamtibmas Desa Kuripan Selatan dan anggota Polsek Kuripan.

Kapolsek Kuripan, Ipda Fahrizal Eko Suryanto menjelaskan bahwa prosesi nyongkolan mulai dari depan Posramil Kuripan. Kemudian melewati simpang tiga Kantor Desa Kuripan, dan berbelok kiri menuju Pelabu Barat.

Selama jalannya kegiatan, tidak terjadi gangguan keamanan atau insiden yang merugikan. Kegiatan nyongkolan berjalan dengan aman dan lancar.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat Lombok dalam prosesi pernikahan. Kami sebagai kepolisian mendukung kegiatan ini sebagai upaya melestarikan budaya dan adat istiadat setempat,” ujar Ipda Fahrizal.

Nyongkolan adalah tradisi adat pernikahan yang dilakukan oleh pengantin pria dan rombongannya di masyarakat Lombok. Dalam tradisi ini, mereka berjalan kaki sambil membawa hantaran dan perlengkapan pernikahan menuju rumah pengantin perempuan.

Iringan Gendang Beleq

Selama perjalanan, mereka biasanya diiringi oleh musik Gendang Beleq, musik tradisional Lombok yang memiliki tempo cepat dan dinamis.

Tradisi nyongkolan merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Melalui kegiatan ini, masyarakat Lombok dapat mempertahankan dan menghormati adat istiadat mereka.

Selain itu, nyongkolan juga menjadi momen yang penting bagi keluarga dan kerabat pengantin untuk berkumpul dan merayakan pernikahan dengan penuh kegembiraan.

Dalam mengamankan kegiatan nyongkolan ini, Polsek Kuripan bekerja sama dengan pihak terkait, seperti bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Kuripan.

Upaya pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama prosesi berlangsung.

Diharapkan, dengan adanya kehadiran kepolisian, masyarakat dapat merasa aman dan tenang dalam melaksanakan tradisi adat mereka.

Salah Satu Wisata Budaya di Lombok

Tradisi nyongkolan juga menjadi daya tarik wisata budaya di Lombok. Wisatawan yang datang ke Lombok dapat menyaksikan dan mengenal lebih dekat kekayaan budaya masyarakat setempat melalui kegiatan nyongkolan ini.

Dengan demikian, kegiatan ini juga berpotensi untuk meningkatkan pariwisata daerah dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Secara keseluruhan, kegiatan nyongkolanberjalanlan aman dan lancar. Harapannya, kegiatan ini dapat terus terlaksana dengan aman,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *