Scroll untuk baca artikel
Budaya

Polsek Lembar Amankan Kegiatan Nyongkolan Masyarakat

109
×

Polsek Lembar Amankan Kegiatan Nyongkolan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Polsek Lembar Amankan Kegiatan Nyongkolan Masyarakat

Lembar, Lombok Barat – Polsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, berhasil mengamankan kegiatan masyarakat Nyongkolan pada Minggu, 3 Desember 2023. Kegiatan ini dimulai dari Lingkungan Prigi, Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, menuju Dusun Nyiur Lembang, Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Lembar. Nyongkolan adalah tradisi adat masyarakat Lombok yang dilakukan untuk mengantar pengantin pria menuju rumah pengantin perempuan. Dalam pelaksanaannya, pengantin pria bersama rombongannya berjalan kaki dengan diiringi arak-arakan dan alat musik tradisional Gendang Beleq.

Kapolsek Lembar, Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H., menjelaskan bahwa pengamanan kegiatan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara. “Kami menurunkan personel gabungan dari Polsek Lembar, Bhabinkamtibmas Desa Jembatan Gantung, Bhabinkamtibmas Desa Jembatan Kembar, dan Bhabinkamtibmas Desa Jembatan Kembar Timur,” ujarnya. Personel gabungan ini bertugas mengatur arus lalu lintas di sepanjang jalan utama yang dilalui oleh arak-arakan. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan dan menciptakan situasi yang aman dan nyaman bagi peserta nyongkolan dan pengendara yang melintas.

Kegiatan nyongkolan ini berakhir pada pukul 18.00 WITA dengan berjalan aman dan lancar. Kapolsek Lembar mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan kelancaran acara. “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah turut serta menjaga keamanan dan kelancaran acara. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan menjadi momentum untuk melestarikan budaya adat masyarakat Lombok,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *