Scroll untuk baca artikel
Budaya

Polsek Sekotong Amankan Nyongkolan di Desa Cendi Manik Sekotong, Lombok Barat

134
×

Polsek Sekotong Amankan Nyongkolan di Desa Cendi Manik Sekotong, Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Polsek Sekotong Amankan Nyongkolan di Desa Cendi Manik Sekotong, Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan kegiatan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas kegiatan adat sasak nyongkolan, Minggu (3/12/2023).

Kegiatan ini berlangsung di sepanjang jalan raya Dusun Sayong Baru menuju Dusun Sayong Pendem, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengatakan bahwa kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam pelaksanaan kegiatan adat nyongkolan.

“Kegiatan nyongkolan merupakan tradisi adat masyarakat Lombok yang perlu kita jaga. Oleh karena itu, kami bersama dengan Babinsa Cendi Manik melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas,” kata Iptu I Ketut Suriarta.

Personel Polsek Sekotong dan Babinsa Cendi Manik melakukan pengaturan arus lalu lintas di sepanjang jalan raya Dusun Sayong Baru menuju Dusun Sayong Pendem.

Selain itu, petugas juga mengimbau rombongan pengantin untuk bersama-sama menjaga kamtibmas agar kegiatan adat nyongkolan berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

“Kegiatan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas berjalan dengan lancar dan aman. Tidak ada gangguan kamtibmas yang terjadi,” kata Iptu I Ketut Suriarta.

Kegiatan nyongkolan ini merupakan tradisi adat masyarakat Lombok yang dilakukan untuk mengantarkan pengantin pria ke rumah pengantin wanita. Dalam kegiatan ini, rombongan pengantin pria akan berjalan kaki sambil diiringi oleh musik tradisional.

Tradisi nyongkolan ini merupakan wujud syukur masyarakat Lombok atas pernikahan yang berlangsung. Selain itu, tradisi ini juga merupakan ajang silaturahmi antarmasyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *