Scroll untuk baca artikel
Berita

Satpolairud Polres Lobar Jaga Keamanan Pantai Senggigi

×

Satpolairud Polres Lobar Jaga Keamanan Pantai Senggigi

Sebarkan artikel ini

Senggigi, Lombok Barat Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Lombok Barat (Lobar), Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan kegiatan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) di wilayah pantai Senggigi, yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Lombok.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh polairud/”>Kasat Polairud Polres Lobar, Iptu L. Nursidi, bersama dengan personel Satpolairud Polres Lobar, pada Sabtu (16/12/2023) mulai pukul 08.00 Wita sampai dengan 20.00 Wita. Mereka melaksanakan kegiatan rutin, seperti polisi masyarakat (polmas), patroli, dan pengamanan garis pantai, guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya aksi premanisme, curas, curat, curanmor (3C), dan kejahatan lainnya di wilayah pantai Senggigi.

Iptu L. Nursidi mengatakan bahwa kegiatan polmas tersebut bertujuan untuk memberikan himbauan kepada pengunjung dan pengusaha di pantai Senggigi, terkait dengan kebersihan, keselamatan, dan kewaspadaan. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan patroli dan pengamanan garis pantai tersebut bertujuan untuk mengawasi dan mengendalikan aktivitas di perairan, serta untuk mencegah dan menindak pelanggaran hukum, seperti laka laut, illegal fishing, people smuggling, illegal mining, dan bom ikan.

“Kami melakukan kegiatan sitkamtibmas di pantai Senggigi, dengan cara menyisir seluruh area pantai, dermaga, dan sekitaran pos Senggigi. Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap identitas dan barang bawaan para pengunjung dan pengemudi kendaraan. Kami juga melakukan dialog dengan para pengunjung dan pengusaha, serta memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas, seperti menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, mengecek kelayakan kano sebelum disewakan, menyediakan life jackets, dan tetap waspada dengan perubahan cuaca,” ujar Iptu L. Nursidi.

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Bagikan Bekal Kesehatan untuk Personil Operasi Mantap Brata Rinjani

Ia menambahkan bahwa kegiatan sitkamtibmas tersebut juga bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, dengan kehadiran Polri di tengah masyarakat sebagai bentuk pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa Satpolairud Polres Lobar akan terus melakukan kegiatan sitkamtibmas di wilayah pantai Senggigi, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.