Scroll untuk baca artikel
Berita

Tiga Pos Pengamanan Dibangun di Lombok Barat dalam Pengamanan Nataru

×

Tiga Pos Pengamanan Dibangun di Lombok Barat dalam Pengamanan Nataru

Sebarkan artikel ini
Tiga Pos Pengamanan Dibangun di Lombok Barat dalam Pengamanan Nataru
Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, saat memimpin Apel Gerlar pasukan Operasi Lilin Rinjani 2023.

Lombok Barat, NTB – Menjelang libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, Kepolisian Resor Lombok Barat mengambil langkah antisipasi dengan membentuk tiga pos pengamanan di Lombok Barat.

Ketiga pos pengamanan itu tersebar di pintu masuk Pulau Lombok dan beberapa lokasi wisata.

Bangun Pos Pengamanan di Pintu Masuk dan Lokasi Wisata

AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, Kapolres Lombok Barat, menjelasakan lokasi tiga pos pengamanan libur Nataru 2024 itu. Antara lain terletak di Pelabuhan Lembar, Bundaran Giri Menang Square (GMS) Gerung, dan jalur wisata Senggigi di Kecamatan Batulayar Lombok Barat.

“Kami akan menempatkan 138 personel di setiap pos untuk mengawasi titik-titik rawan selama libur Nataru 2024,” ujar Bagus kepada detikBali, Kamis (21/12/2022).

Baca Juga :  Polri Jaga Ketat Sholat Tarawih di Masjid Al Khaer Lombok, Ini Hasilnya

Bagus menambahkan bahwa pos pengamanan di Pelabuhan Lembar Lombok Barat akan mendapat bantuan dari TNI, PT Pelindo, dan PT ASDP.

Mereka akan bersama-sama melakukan pengawasan terhadap penumpang yang datang dan pergi di Pelabuhan Lembar.

“Untuk pos pengamanan di Bundaran GMS, kami juga dibantu oleh TNI dan Dinas Perhubungan. Sedangkan untuk pos pengamanan di Senggigi Kecamatan Batulayar, kami juga bekerja sama dengan rekan-rekan TNI,” kata Bagus.

Kapolres Lombok Barat menjelaskan bahwa prioritas pengamanan selama libur Nataru 2024 adalah di dua titik yang rawan menjadi tempat keramaian. Antara lain Pelabuhan Lembar dan pos pengamanan Senggigi Kecamatan Batulayar.

Preemtif, Preventif dan Represif, Langkah Kepolisian Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Sementara itu, pengamanan perayaan Natal di Lombok Barat dengan mempertimbangkan lokasi ibadah oleh umat Kristen. Sebab, Lombok Barat tidak memiliki tempat ibadah khusus untuk umat Kristen.

Baca Juga :  Aksi Cepat Polsek Kediri, Berantas Judi Sabung Ayam di Lombok Barat Berkat Laporan Warga Melalui Call Center 110

“Namun, biasanya ibadah Natal untuk pelaksanaannya di hotel-hotel yang ada di Lombok Barat. Salah satu hotel yang pernah digunakan adalah hotel Aruna di Senggigi,” tutur Bagus.

Bagus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pesta kembang api dan kebut-kebutan di jalan selama libur Nataru.

Selain itu, warga juga diminta untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan orang lain.