Scroll untuk baca artikel
Berita

Sat Lantas Polres Lombok Barat Antisipasi Laka Lantas dan Kemacetan Jelang Natal dan Tahun Baru

×

Sat Lantas Polres Lombok Barat Antisipasi Laka Lantas dan Kemacetan Jelang Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Sat Lantas Polres Lombok Barat Antisipasi Laka Lantas dan Kemacetan Jelang Natal dan Tahun Baru

Lombok Barat, NTB – Menjelang perayaan natal tahun 2023 dan tahun baru 2024, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Lombok Barat, Polda NTB, meningkatkan patroli. Antisipasi laka lantas dan kemacetan di beberapa titik rawan di Kabupaten Lombok Barat.

Salah satu titik rawan yang menjadi sasaran patroli adalah jalur Bypass BIL 1 dan 2. Serta Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Gerung, yang merupakan jalur utama. Penghubung antara Kota Mataram dan Bandara Internasional Lombok (BIL).

Pelaksanaan Patroli tersebut pada Sabtu (23/12/2023) mulai pukul 09.00 WITA hingga 12.00 WITA, dengan melibatkan personil Sat Lantas Polres Lombok Barat.

Patroli tersebut di bawah pimpinan Ipda I Wayan Rudi Hariadi, S.H., selaku Subsatgas Patroli Operasi Lilin Rinjani 2023.

Baca Juga :  Membangun Jiwa Kesatria, Kapolres Lombok Utara Nobar Pegelaran Wayang Kulit “Tumurune Wiji Sejati” bersama Forkopimda.

Dalam patroli tersebut, petugas tidak hanya mengawasi arus lalu lintas, tetapi juga memberikan imbauan dan teguran. Kepada pengendara yang tidak menggunakan helm, spion, dan melanggar aturan lalu lintas lainnya. Seperti melawan arus, melebihi batas kecepatan, dan tidak menyalakan lampu kendaraan.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat, Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., mengatakan bahwa patroli ini untuk mencegah terjadinya laka lantas dan kemacetan. Khususnya di wilayah hukum Polres Lombok Barat, yang dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan masyarakat.

“Kami terus berupaya menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar, khususnya di jalur-jalur yang menjadi akses utama masyarakat untuk beraktivitas dan berwisata,” kata Iptu Adi Rijal.

Baca Juga :  Kegiatan Gatur Malam untuk Menciptakan Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas di Lombok Barat

Selain itu, petugas juga mengimbau memasang tripicon di jalur utama dalam rangka penebangan pohon oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Lombok Barat.

Tripicon adalah tanda peringatan berupa segitiga berwarna kuning yang dipasang di depan dan belakang kendaraan.

“Kami berharap para pengendara dapat mematuhi peraturan lalu lintas dan turut serta menciptakan kamseltibcar lantas. Dengan cara menggunakan tripicon, menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kecelakaan, dan mengutamakan keselamatan diri dan orang lain,” kata Iptu Adi Rijal.