Scroll untuk baca artikel
Berita

Antisipasi Gangguan Kamtibmas: Polres Lombok Barat Siapkan Patroli Menjelang Pemilukada

×

Antisipasi Gangguan Kamtibmas: Polres Lombok Barat Siapkan Patroli Menjelang Pemilukada

Sebarkan artikel ini
Patroli Polres Lombok Barat Perkuat Keamanan Jelang Pemilukada 2024

Lombok Barat, 8 Oktober 2024 – Jajaran Satgas Preventif Subsatgas Pam Objek Penting Lainnya Polres Lombok Barat terus memperkuat upaya pengamanan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024.

Pada hari Selasa, 8 Oktober 2024, sekitar pukul 09.30 WITA, empat personel Satgas Preventif melaksanakan patroli di sekitar Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat, Kecamatan Gerung. Kegiatan ini merupakan bagian dari langkah preventif untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama berlangsungnya proses Pemilukada di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Patroli Preventif untuk Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Patroli preventif ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang dapat muncul selama periode kampanye hingga hari pemungutan suara. Keamanan menjadi fokus utama di tengah dinamika politik lokal yang kerap menimbulkan ketegangan.

Baca Juga :  Pelabuhan Lembar Aman dan Lancar, Arus Bongkar Muat Deras

Dalam kegiatan ini, Kasat Samapta Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Eko Nugroho, S.H., menegaskan pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

“Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan Pemilukada 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Kegiatan patroli yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu wujud dari upaya kami untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas,” ujar Iptu Eko Nugroho dalam keterangannya.

Koordinasi dengan Satpol PP Lobar

Selain melaksanakan patroli di area sekitar Kantor Pemda Lombok Barat, anggota Satgas Preventif juga melakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lombok Barat. Dalam koordinasi tersebut, kedua pihak sepakat untuk bekerja sama menjaga keamanan, khususnya selama masa Pemilukada.

Baca Juga :  Patroli Dialogis Polres Loteng Himbau Para Pemuda Hindari Perbuatan Kriminal.

Kerja sama antara pihak kepolisian dan Satpol PP dinilai sangat penting dalam menciptakan stabilitas keamanan. Satpol PP sebagai garda terdepan dalam penegakan peraturan daerah, bersama-sama dengan Polres Lombok Barat, diharapkan mampu menciptakan suasana yang aman dan damai, khususnya di lokasi-lokasi vital pemerintahan dan ruang publik lainnya. Upaya sinergis ini diharapkan dapat mencegah munculnya potensi konflik yang dapat mengganggu proses Pemilukada.