Scroll untuk baca artikel
Berita

Kesiapan Polres Lombok Barat dalam Mengawal Proses Pilkada di Bawaslu

×

Kesiapan Polres Lombok Barat dalam Mengawal Proses Pilkada di Bawaslu

Sebarkan artikel ini
Pengamanan Kantor Bawaslu Upaya Polres Lombok Barat Amankan Pilkada

Lombok Barat, 8 Oktober 2024Polres Lombok Barat melalui Subsatgas Pos Pengamanan Kantor Bawaslu telah melaksanakan serangkaian kegiatan pengamanan di Kantor Bawaslu Lombok Barat pada Selasa (08/10). Pengamanan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kelancaran proses Pilkada yang sedang berlangsung, khususnya dalam mencegah keamanan/”>gangguan keamanan dan potensi penyusupan di area perkantoran Bawaslu.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WITA tersebut diawali dengan serah terima tugas jaga antara petugas yang baru dan petugas yang sebelumnya. Kasi Humas Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP I Gede Gumiarsana, menyampaikan bahwa pengamanan ini adalah langkah strategis guna memastikan kesiapan semua pihak dalam mengawal tahapan Pilkada.

Tugas Penting dalam Menjaga Keamanan Bawaslu

Menurut AKP I Gede Gumiarsana, pengamanan di Kantor Bawaslu Lombok Barat sangat krusial mengingat peran vital Bawaslu sebagai penyelenggara yang bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh proses Pilkada. “Pengamanan ini tidak hanya bersifat seremonial, tetapi mencakup berbagai tugas operasional penting, seperti pengecekan buku mutasi dan inventaris, hingga patroli rutin di sekitar area kantor,” ujar Gede.

Ia juga menambahkan bahwa seluruh personel yang bertugas di Pos Pengamanan Kantor Bawaslu diwajibkan melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap barang inventaris serta kondisi lingkungan kantor. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa semua perlengkapan keamanan dan fasilitas di area Bawaslu berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024 kepada Tukang Parkir Pasar Labuapi

Pencegahan Penyusupan dan Gangguan Keamanan

Salah satu fokus utama pengamanan di Pos Pengamanan Kantor Bawaslu adalah mencegah terjadinya penyusupan dan gangguan keamanan lainnya yang bisa menghambat proses Pilkada. Untuk itu, selain pengamanan internal di dalam kantor, pihak Polres Lombok Barat juga melakukan pengamanan terbuka dengan patroli rutin di sekitar area kantor.

“Personel pengamanan tidak hanya bertugas menjaga ketertiban di dalam kantor, tetapi juga mengantisipasi tindak pidana di area luar melalui patroli dan pengaturan lalu lintas di sekitar Kantor Bawaslu,” jelas AKP I Gede Gumiarsana.