Scroll untuk baca artikel
Berita

Pemeriksaan Triple Eliminasi oleh Sidokkes Polres Bima Kota: Deteksi Dini Penyakit Menular pada Tahanan

×

Pemeriksaan Triple Eliminasi oleh Sidokkes Polres Bima Kota: Deteksi Dini Penyakit Menular pada Tahanan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, NTB (9/10) – Guna mendeteksi dini penularan dan penyebaran penyakit menular seksual serta HIV/AIDS, Sidokkes Polres Bima Kota bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Puskesmas Mpunda) Kota Bima, melaksanakan Pemeriksaan Triple Eliminasi (HIV, Hepatitis, dan Sifilis) pada para tahanan. Kegiatan ini berlangsung di Polres Bima Kota sebagai bagian dari upaya preventif menjaga kesehatan para tahanan, rabu pagi 09 Oktober 2024.

Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H., melalui Kasidokkes Polres Bima Kota, dr. Asrarudin, menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular yang berpotensi mengancam kesehatan para tahanan.

“Kami melakukan pemeriksaan ini sebagai langkah awal deteksi dini terhadap penularan HIV, Hepatitis, dan Sifilis. Ini penting untuk melindungi kesehatan para tahanan dan mencegah penyebaran penyakit menular di lingkungan tahanan,” ujar dr. Asrarudin.

Baca Juga :  Rangkaian HUT Polwan ke-76 Diperingati Dengan Donor Darah

Pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh, di mana semua tahanan yang berada di Polres Bima Kota mengikuti proses skrining tersebut. Langkah ini juga sejalan dengan komitmen Polres Bima Kota dalam menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat, termasuk mereka yang berada di dalam tahanan.

Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan potensi penularan penyakit menular dapat ditekan, dan jika ditemukan kasus positif, penanganan medis lebih lanjut akan segera diberikan sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku.

Polres Bima Kota terus berupaya meningkatkan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan penyakit menular, khususnya di lingkungan tahanan, guna memastikan keselamatan dan kesejahteraan seluruh pihak yang terkait.