Scroll untuk baca artikel
Berita

Kegiatan Sambang Polres Lombok Barat, Warga Diajak Jaga Kamtibmas Pilkada

×

Kegiatan Sambang Polres Lombok Barat, Warga Diajak Jaga Kamtibmas Pilkada

Sebarkan artikel ini
Edukasi Polres Lombok Barat Hindari Fanatisme Berlebihan Saat Pilkada

Lombok Barat, 9 Oktober 2024 – Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Polres Lombok Barat melalui Kasat Binmas AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos, menggelar kegiatan silaturahmi dan sambang di Dusun Mangsit, senggigi/”>Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan yang dimulai pada Rabu, 9 Oktober 2024 pukul 10.00 WITA ini bertujuan untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah setempat.

Tujuan Silaturahmi: Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada

AKP Daniel Ibi Lona menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman dan damai, khususnya dalam menghadapi Pilkada Serentak yang akan segera berlangsung. “Menjaga kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama. Kami mengajak seluruh warga untuk tidak hanya menjadi penonton, tetapi turut serta aktif dalam menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing,” ungkap AKP Daniel.

Pada kesempatan tersebut, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kanit Binpolmas IPDA I Nyoman Dana dan AIPTU Kadek Jaya Satriana. Mereka turut memberikan edukasi dan himbauan langsung kepada warga Dusun Mangsit tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban, terutama dalam menghadapi berbagai dinamika yang mungkin muncul selama proses Pilkada berlangsung.

Edukasi Masyarakat: Hindari Fanatisme Berlebihan

Salah satu poin penting yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah ajakan untuk tidak fanatik secara berlebihan terhadap salah satu calon kepala daerah. AKP Daniel Ibi Lona mengingatkan bahwa perbedaan pilihan politik tidak boleh menjadi pemicu konflik atau perpecahan di tengah masyarakat. “Beda pilihan itu wajar, tetapi jangan sampai hal itu merusak hubungan persaudaraan dan keharmonisan di masyarakat. Kita semua tetap keluarga, semeton, yang harus menjaga persatuan demi terciptanya Pilkada yang damai,” tuturnya.

Baca Juga :  Polsek Kuripan Gelar Patroli Antisipasi 3C dan Jaga Kamtibmas

Himbauan ini dianggap penting, mengingat kondisi sosial-politik yang kerap memanas menjelang pemilihan umum. Fanatisme terhadap calon tertentu sering kali memicu gesekan antarpendukung, yang pada akhirnya dapat mengganggu stabilitas keamanan. Oleh karena itu, Polres Lombok Barat mengedepankan pendekatan persuasif dan edukatif untuk mencegah potensi konflik.

Peran Aktif Masyarakat dalam Menjaga Kamtibmas

Selama pelaksanaan silaturahmi dan sambang, masyarakat Dusun Mangsit menyambut baik inisiatif dari Polres Lombok Barat ini. Mereka diajak untuk ikut berperan dalam memelihara ketertiban dan keamanan lingkungan dengan melaporkan hal-hal mencurigakan atau potensi konflik yang dapat mengganggu jalannya Pilkada Serentak 2024.

Berita

Kapolda NTB Buka Secara Resmi Taklimat Awal Audit…