Scroll untuk baca artikel
Berita

Polsek Kuripan Intensifkan Patroli untuk Cegah Kejahatan di Perbatasan

×

Polsek Kuripan Intensifkan Patroli untuk Cegah Kejahatan di Perbatasan

Sebarkan artikel ini
Patroli Malam Polsek Kuripan Blue Light Jaga Keamanan di Jalur Bypass Lombok

Lombok Barat Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, terus meningkatkan kegiatan patroli dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukumnya. Pada Rabu, 9 September 2024, jajaran Polsek Kuripan melaksanakan giat Patroli KRYD (Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan) di sepanjang jalur Bypass BIL I dan BIL II. Patroli ini berlangsung dari pukul 23.00 WITA hingga pukul 02.00 WITA, dengan tujuan untuk memantau potensi gangguan keamanan serta mencegah tindak kriminalitas di wilayah perbatasan Lombok Barat dan Lombok Tengah hingga ke Tembolak Pelangi, perbatasan Kecamatan Labuapi dengan Kota Mataram.

Fokus Patroli di Lokasi Rawan Kejahatan

Patroli KRYD ini dipimpin oleh Kapolsek Kuripan, Ipda I Wayan Eka Ariyana, S.H., dengan fokus utama mencegah tindak kejahatan seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), dan aksi begal yang marak menjadi perhatian publik. Selain itu, patroli juga ditujukan untuk mengantisipasi balap liar dan gangguan kamtibmas lainnya yang kerap terjadi di malam hari, terutama di lokasi dan jam-jam rawan.

“Patroli ini kami lakukan sebagai langkah preventif guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Kami memantau situasi di jalur Bypass BIL I dan BIL II untuk memastikan tidak ada gangguan keamanan yang bisa membahayakan keselamatan warga,” ujar Ipda I Wayan Eka Ariyana.

Patroli Blue Light untuk Menjaga Situasi Kondusif

Giat patroli ini menggunakan konsep Blue Light, yakni penggunaan lampu rotator biru yang menyala sepanjang jalur patroli untuk menandai keberadaan polisi. Hal ini diharapkan dapat menekan potensi tindak kejahatan dan memberikan rasa tenang kepada pengguna jalan serta warga sekitar. “Dengan adanya Blue Light Patrol, masyarakat bisa langsung mengetahui bahwa ada kehadiran polisi di sekitar mereka. Ini adalah salah satu bentuk nyata bahwa kami selalu hadir di tengah masyarakat,” tambah Kapolsek Kuripan.

Baca Juga :  Polsek Kuripan Lombok Barat Sosialisasi Pencegahan TPPO di Dusun Perengge, Kuripan Utara Lombok Barat, NTB

Selama pelaksanaan patroli, personel Polsek Kuripan melintasi sejumlah titik rawan di sepanjang BIL I dan BIL II. Mereka memantau kondisi di wilayah perbatasan, terutama pada daerah yang minim penerangan dan rawan dijadikan lokasi balap liar atau tempat bersembunyinya pelaku kejahatan. Dalam patroli ini, arus lalu lintas terpantau cenderung sepi, dan tidak ditemukan kerumunan atau aktivitas mencurigakan.

Kegiatan Berlangsung Aman dan Kondusif

Kapolsek Kuripan juga menyatakan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya cipta kondisi yang lebih luas. “Kami akan terus meningkatkan intensitas patroli pada jam-jam rawan agar situasi kamtibmas tetap terkendali. Dengan adanya patroli rutin ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya aksi kejahatan dan menjaga keamanan di wilayah hukum Polsek Kuripan,” tuturnya.