Scroll untuk baca artikel
Berita

Pastikan Keamanan di Kantor KPU dan Bawaslu Menjelang Tahapan Pilkada, Satgas Preventif Polres Laksanakan Patroli Dialogis

×

Pastikan Keamanan di Kantor KPU dan Bawaslu Menjelang Tahapan Pilkada, Satgas Preventif Polres Laksanakan Patroli Dialogis

Sebarkan artikel ini

Bima, NTB (14/9) – Satuan Samapta/Sat gas Preventif Polres Bima Polda Polda NTB terus memperkuat langkah-langkah keamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang semakin dekat.

Pada Selasa (10/ 09/24) sekira pukul 08.00.anggota Samapta/Satgas Preventif yang dikendalikan oleh Kasatnya Iptu Muhtar melaksanakan patroli intensif ke sejumlah lokasi strategis, termasuk kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima.

Patroli ini merupakan bagian dari upaya Polres Bima  untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan memastikan kelancaran proses seluruh tahapan Pilkada.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara mobile dan mengedepankan dialogis kepada petugas jaga di kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Bima.

Baca Juga :  Blue Light Patrol, Polsek Belo Imbau Masyarakat Wujudkan Pilkada Sejuk dan Damai

Sementara itu Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo SIK., MIK., melalui Kasi Humas Iptu Adib Iptu adib Widayaka  menyampaikan bahwa kehadiran Polri adalah bentuk komitmen Polres Bima dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama tahapan Pilkada.

“Kami terus melakukan patroli dan koordinasi dengan instansi terkait guna memastikan keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung dengan lancar dan Damai” Kata Kapolres mengutip Adib.

Kapolres menekankan kepada personel yang terlibat dalam patroli agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Pria Dengan melati dipundaknya itu juga kembali menekankan kepada seluruh personel polres Bima dan Polsek jajaran agar menjaga netralitas dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis dalam bentuk apapun.

Baca Juga :  Sekotong, Lombok Barat – Kepolisian Sektor (Polsek) Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar patroli rutin yang ditingkatkan (KRYD) pada Sabtu (23/3) sore untuk mengantisipasi balap liar dan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama bulan Ramadhan 1445 H. Kegiatan patroli ini melibatkan 4 personel piket jaga, mulai pada pukul 17.31 WITA. Menyasar jalan raya dusun Tanjung Empet Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Sasaran patroli ini adalah anak muda yang sedang ngabuburit atau menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa. Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk mengantisipasi 3C (curat, curas, dan curanmor) dan gangguan kamtibmas lainnya. Dalam patroli tersebut, petugas menghimbau kepada warga masyarakat dan anak muda yang sedang nongkrong atau berkumpul di jalan raya. Untuk selalu berhati-hati dengan perubahan cuaca ekstrem yang kapan saja bisa terjadi. Petugas juga mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan aparat kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan suci Ramadhan. Kegiatan Patroli Mendapatkan Respon Positif dari Masyarakat Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengatakan bahwa kegiatan patroli ini merupakan upaya preventif dari pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, khususnya balap liar yang sering terjadi di bulan Ramadhan. “Kegiatan patroli ini akan terus kami lakukan secara rutin, terutama pada jam-jam rawan,” kata Iptu Suriarta. Lebih lanjut, Iptu Suriarta mengungkapkan bahwa patroli ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. “Tentunya yang kami harapkan adalah Masyarakat merasa aman dan nyaman dengan kehadiran kami di tengah-tengah mereka,” ungkap Iptu Suriarta. Masyarakat pun mengapresiasi kehadiran kami dalam memelihara situasi kamtibmas yang kondusif. Kegiatan patroli ini berhasil menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Sekotong. Masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman. Iptu Suriarta mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan. Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan balap liar yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. “Mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman,” pungkas Iptu Suriarta.

“Jaga Netralitas dan jalankan tugas dengan dilandasi keikhlasan dengan cara-cara Humanis serta jalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing semoga tuhan yang maha kuasa selalu memberikan kemudahan dalam kita menjalankan tugas ” Imbaunya.