Scroll untuk baca artikel
Berita

Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Pemilu 2024 Kepada Tokoh Masyarakat dan Komunitas

×

Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Pemilu 2024 Kepada Tokoh Masyarakat dan Komunitas

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB Polres Lombok Barat menggelar sosialisasi pemilu 2024 kepada tokoh masyarakat dan komunitas pasar di Kabupaten Lombok Barat, pada Minggu (5/11/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tahapan pemilu 2024 dan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tahapan pemilu 2024. Serta pentingnya menjaga kamtibmas agar tetap kondusif, sehingga pelaksanaan pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat memahami tahapan pemilu 2024 dan ikut serta menjaga kamtibmas agar tetap kondusif. Sehingga pelaksanaan pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” kata AKP Daniel Ibi Lona.

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024, Personil Dilakukan Pemeriksaan Kesehatan

Dalam sosialisasi tersebut, personel Sat Binmas Polres Lombok Barat menyampaikan materi terkait tahapan pemilu 2024, mulai dari pendaftaran pemilih, kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara.

Selain itu, personel Sat Binmas Polres Lombok Barat juga memberikan himbauan kamtibmas untuk tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, berita bohong/hoax yang bisa memecah belah persatuan NKRI.

Tokoh masyarakat Desa Jakem Timur, Abdul Manan, mengapresiasi kegiatan sosialisasi pemilu 2024 yang digelar oleh Polres Lombok Barat.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemilu 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Polres Lombok Barat atas kegiatan sosialisasi pemilu 2024 ini. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar masyarakat dapat memahami tahapan pemilu 2024 dan ikut serta menjaga kamtibmas agar tetap kondusif,” kata Abdul Manan.

Baca Juga :  Sekotong, Lombok Barat – Kepolisian Sektor (Polsek) Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar patroli rutin yang ditingkatkan (KRYD) pada Sabtu (23/3) sore untuk mengantisipasi balap liar dan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama bulan Ramadhan 1445 H. Kegiatan patroli ini melibatkan 4 personel piket jaga, mulai pada pukul 17.31 WITA. Menyasar jalan raya dusun Tanjung Empet Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Sasaran patroli ini adalah anak muda yang sedang ngabuburit atau menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa. Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk mengantisipasi 3C (curat, curas, dan curanmor) dan gangguan kamtibmas lainnya. Dalam patroli tersebut, petugas menghimbau kepada warga masyarakat dan anak muda yang sedang nongkrong atau berkumpul di jalan raya. Untuk selalu berhati-hati dengan perubahan cuaca ekstrem yang kapan saja bisa terjadi. Petugas juga mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan aparat kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan suci Ramadhan. Kegiatan Patroli Mendapatkan Respon Positif dari Masyarakat Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengatakan bahwa kegiatan patroli ini merupakan upaya preventif dari pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, khususnya balap liar yang sering terjadi di bulan Ramadhan. “Kegiatan patroli ini akan terus kami lakukan secara rutin, terutama pada jam-jam rawan,” kata Iptu Suriarta. Lebih lanjut, Iptu Suriarta mengungkapkan bahwa patroli ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. “Tentunya yang kami harapkan adalah Masyarakat merasa aman dan nyaman dengan kehadiran kami di tengah-tengah mereka,” ungkap Iptu Suriarta. Masyarakat pun mengapresiasi kehadiran kami dalam memelihara situasi kamtibmas yang kondusif. Kegiatan patroli ini berhasil menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Sekotong. Masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman. Iptu Suriarta mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan. Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan balap liar yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. “Mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman,” pungkas Iptu Suriarta.

Sementara itu, salah satu perwakilan komunitas pasar Kediri, juga mengapresiasi kegiatan sosialisasi pemilu 2024 yang digelar oleh Polres Lombok Barat. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pasar.