Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkam

Patroli Kamtibmas, Cara Sat Samapta Polres Bima Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Tahapan Pilkada

×

Patroli Kamtibmas, Cara Sat Samapta Polres Bima Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Tahapan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Polres Bima Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Tahapan Pilkada

Bima, NTB Menjelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bima, Kepolisian Resor (Polres) Bima Polda NTB terus meningkatkan upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Salah satu langkah strategis yang diambil adalah patroli dialogis yang dikemas dalam patroli kamtibmas.

Unit Patroli Motor (Patmor) Satuan Samapta Polres Bima, di bawah kendali Kasat Samapta Iptu Muhtar, aktif melakukan kryd-untuk-cipta-kondisi-aman-dan-nyaman/” target=”_blank” rel=”noopener”>patroli kamtibmas di berbagai lokasi strategis. Pada Sabtu, 29 Juni 2024, tim patroli menyasar Pantai Kalaki dan masyarakat sekitarnya untuk memberikan himbauan kamtibmas.

Himbauan Kamtibmas: Peran Aktif Masyarakat

Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo, S.I.K., M.I.K., melalui Kasi Humas Iptu Adib Widayaka, mengungkapkan bahwa patroli kamtibmas ini bertujuan untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada.

Baca Juga :  Cegah Praktik Judi Online, Si Propam Polres Lombok Utara Periksa 250 Smartphone

“Patroli ini akan dilakukan secara berkala untuk memastikan keamanan dan kondusifitas wilayah menjelang tahapan Pilkada,” ujar Kapolres Bima melalui Iptu Adib.

Menyasar Titik Rawan Gangguan Kamtibmas

Selain memberikan himbauan, patroli kamtibmas juga menyasar sejumlah tempat atau titik-titik yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas, seperti kasus pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), premanisme, dan lainnya yang meresahkan masyarakat. Dengan adanya patroli ini, diharapkan potensi gangguan kamtibmas dapat diminimalisir.

Upaya Preventif dan Responsif

Patroli kamtibmas merupakan bagian dari upaya preventif Polres Bima dalam menjaga keamanan wilayah. Selain itu, Polres Bima juga memiliki tim responsif yang siap diturunkan jika terjadi gangguan kamtibmas. Dengan kombinasi upaya preventif dan responsif, diharapkan situasi kamtibmas di Kabupaten Bima tetap aman dan kondusif, terutama menjelang tahapan Pilkada.

Baca Juga :  Atasi Kekeringan dan Bantu Ringankan Beban Masyarakat, Polres Bima Salurkan Bantuan Air Bersih di Desa Roi

Partisipasi Masyarakat: Kunci Sukses Pilkada Aman

Kesuksesan Pilkada yang aman dan damai tidak hanya bergantung pada upaya aparat keamanan, tetapi juga pada partisipasi aktif masyarakat. Masyarakat dihimbau untuk melaporkan segala bentuk potensi gangguan kamtibmas kepada pihak kepolisian. Dengan kerjasama yang baik antara masyarakat dan kepolisian, diharapkan Pilkada di Kabupaten Bima dapat berjalan lancar dan demokratis.