Scroll untuk baca artikel
Berita

Kapolsek Kediri: Masyarakat Diimbau Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

×

Kapolsek Kediri: Masyarakat Diimbau Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

Sebarkan artikel ini

Kediri, Lombok Barat – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kapolsek Kediri, Iptu Dina Rizkiana, S.Tr.K., memimpin kegiatan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat Dusun Gersik Utara, Desa Gelogor, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, pada Sabtu (28/10/2023).

Dalam sosialisasinya, Iptu Dina menyampaikan bahwa karhutla merupakan salah satu bencana alam yang dapat menimbulkan kerugian besar, baik materi maupun non-materi. Oleh karena itu, diperlukan upaya pencegahan yang serius dari semua pihak.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya karhutla dan upaya pencegahannya,” kata Iptu Dina.

Iptu Dina menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan.

Baca Juga :  Jamin Keamanan Wilayah Jelang Tahapan Pilkada, Sinegritas TNI-POLRI, Polsek Bolo Amankan Ratusan Botol Miras

“Jika menemukan warga yang membakar hutan atau lahan sembarangan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang,” ujar Iptu Dina.

Kepala Desa Gelogor, Suhardi, mengapresiasi kegiatan patroli dan sosialisasi yang dilakukan oleh Polsek Kediri. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya karhutla.

“Kami siap mendukung upaya pencegahan karhutla yang dilakukan oleh Polsek Kediri,” kata Suhardi.

Berikut adalah beberapa tips pencegahan karhutla yang dapat dilakukan oleh masyarakat:

  • Jangan melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar.
  • Jangan membuang puntung rokok secara sembarangan.
  • Melakukan pemantauan terhadap lahan yang berpotensi terbakar.
  • Memiliki alat pemadam api ringan (APAR) atau alat pemadam api sederhana lainnya.
  • Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla.
Baca Juga :  Kecepatan Respon Kepolisian Diapresiasi: Truk Terguling di Jalur Grepek, Polsek Lembar Amankan Lokasi dan Evakuasi Kendaraan

Dengan upaya pencegahan yang serius dari semua pihak, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya karhutla di Kabupaten Lombok Barat.