Scroll untuk baca artikel
Berita

Langkah Strategis Polres Lombok Barat dalam Mengamankan Pemilukada 2024

×

Langkah Strategis Polres Lombok Barat dalam Mengamankan Pemilukada 2024

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Intensifkan Patroli untuk Amankan Pemilukada 2024

Dalam dialog tersebut, Iptu Eko Nugroho menyampaikan bahwa keberhasilan pemilukada tidak hanya ditentukan oleh proses politik yang berlangsung, tetapi juga bagaimana keamanan dan ketertiban terjaga.

Oleh karena itu, pihak keamanan lokal diharapkan selalu berkoordinasi dengan kepolisian jika menemukan indikasi gangguan keamanan, serta meningkatkan kewaspadaan selama masa kampanye dan pemungutan suara.

“Kerja sama antara masyarakat, petugas keamanan, dan kepolisian sangat penting dalam menjaga situasi tetap kondusif. Kami berharap partisipasi aktif dari semua pihak untuk melaporkan hal-hal mencurigakan atau tindakan yang berpotensi mengganggu keamanan,” ujar Iptu Eko Nugroho, S.H.

Pemilukada 2024: Tantangan dan Harapan

Pemilukada serentak 2024 di Kabupaten Lombok Barat menjadi tantangan tersendiri bagi aparat keamanan. Dalam beberapa tahun terakhir, pelaksanaan pemilu di Indonesia tidak lepas dari potensi konflik sosial, seperti perbedaan pandangan politik yang dapat berujung pada tindakan provokatif, bahkan kekerasan.

Baca Juga :  Kedatangan Dua Kontainer Logistik KPU, Polisi Amankan Gudang Logistik KPU Lombok Barat

Oleh karena itu, peran kepolisian dalam melakukan pengawasan dan penjagaan sangat vital untuk memastikan tidak ada insiden yang mengganggu proses demokrasi ini.

Salah satu fokus utama patroli preventif yang dilakukan Sat Samapta Polres Lombok Barat adalah meminimalisasi potensi gangguan seperti demonstrasi anarkis, tindakan kriminal, dan aktivitas yang berpotensi memprovokasi kerusuhan massa.

Pemantauan ketat di lokasi-lokasi strategis, seperti Kantor DPRD Lombok Barat, diharapkan mampu mendeteksi dan mencegah potensi gangguan sejak dini.

Selain patroli fisik, koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat juga menjadi bagian dari strategi Polres Lombok Barat dalam mengawal Pemilukada 2024. Polri terus berupaya memperkuat hubungan dengan tokoh masyarakat, organisasi masyarakat (ormas), serta lembaga-lembaga keamanan setempat untuk menjaga keamanan bersama.

Baca Juga :  Satgas OMP Rinjani 2024 Polres Bima Kota Polda NTB, Patroli Wujudkan Situasi Keamanan Tetap Kondusif

Semua pihak diimbau agar saling bekerja sama dalam menjaga situasi politik tetap aman dan terkendali.

Langkah Preventif untuk Mencegah Gangguan Kamtibmas

Polres Lombok Barat telah menyusun sejumlah langkah preventif untuk memastikan keamanan selama pemilukada. Salah satu langkah utama adalah peningkatan frekuensi patroli di daerah-daerah yang dinilai rawan konflik.