Scroll untuk baca artikel
Berita

Sat Samapta Polres Lombok Barat Pastikan Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

×

Sat Samapta Polres Lombok Barat Pastikan Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Upaya Sat Samapta Polres Lombok Barat Menjamin Keamanan Pilkada 2024

Lombok Barat, NTB Sat Samapta Polres Lombok Barat melaksanakan patroli preventif di wilayah Kabupaten Lombok Barat sebagai bagian dari persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pemda Lombok Barat, Kec. Gerung, dengan tujuan utama menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Tujuan Patroli Preventif

Patroli preventif yang dilakukan oleh anggota Sat Samapta bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang mungkin timbul menjelang Pilkada 2024.

Mengingat pentingnya Pilkada sebagai salah satu momen demokrasi, keberadaan patroli ini diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah terjadinya tindakan-tindakan yang dapat mengganggu kelancaran proses pemilihan.

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Gencarkan Edukasi Pemilu 2024 kepada Tokoh Agama dan Masyarakat

Kegiatan patroli ini dimulai pukul 10.00 Wita dan berakhir setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai. Anggota Sat Samapta melakukan patroli di berbagai titik strategis di Kabupaten Lombok Barat, terutama di sekitar area yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk kantor Pemda Lombok Barat, merupakan bagian penting dari kegiatan ini.

Koordinasi dengan Pihak Pemda

Dalam pelaksanaannya, anggota Sat Samapta juga berkoordinasi dengan pihak Pemda Lombok Barat. Kolaborasi ini melibatkan Sat Pol PP Lombok Barat yang turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada.

Kasat Samapta, Polres Lombok Barat, Iptu Eko Nugroho, S.H., menyatakan bahwa koordinasi yang baik antara aparat keamanan dan pihak Pemda sangat penting untuk menciptakan suasana yang kondusif.

Baca Juga :  Inovasi KEMOS 110: Polres Lombok Barat Hadirkan Layanan Darurat 24 Jam

Menurut Iptu Eko Nugroho, “Kami bekerja sama dengan Pemda Lombok Barat dan Sat Pol PP untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Patroli ini adalah salah satu langkah preventif yang kami lakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan.”

Pentingnya Keamanan Selama Pilkada

Keamanan selama Pilkada sangat penting untuk menjaga integritas dan kelancaran proses pemilihan. Dengan adanya patroli preventif, diharapkan bisa mengurangi potensi konflik dan gangguan yang mungkin timbul. Keberadaan aparat keamanan di lapangan juga memberikan rasa aman kepada pemilih dan peserta pemilihan lainnya.