Scroll untuk baca artikel
Berita

Upaya Polres Lombok Barat Cegah Gangguan Kamtibmas Selama Pemilukada

×

Upaya Polres Lombok Barat Cegah Gangguan Kamtibmas Selama Pemilukada

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Tekankan Pentingnya Kamtibmas di Pemilukada 2024

AIPTU Teguh Widodo, yang juga turut memberikan arahan dalam sosialisasi ini, menyampaikan bahwa netralitas ASN merupakan salah satu kunci untuk memastikan bahwa pemilukada dapat berjalan dengan adil dan demokratis.

“Sebagai ASN, sudah menjadi kewajiban kita untuk bersikap netral dalam setiap tahapan pemilukada. Hal ini penting untuk menjaga integritas serta kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi. Jika ASN terlihat berpihak atau bahkan terlibat dalam politik praktis, ini dapat menciptakan suasana yang tidak kondusif dan merusak tatanan demokrasi di Lombok Barat,” kata AIPTU Teguh Widodo.

Menangkal Hoaks dan Ujaran Kebencian

Salah satu isu utama yang diangkat dalam sosialisasi ini adalah penyebaran hoaks dan ujaran kebencian yang kerap kali meningkat saat masa kampanye pemilukada. Menurut IPDA Rusdin, berbagai pihak sering kali menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi yang tidak benar atau bersifat provokatif.

Baca Juga :  Polsek Sekotong Gelar Minggu Kasih Polri, Bahas Kondusifitas Pemilu 2024

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat, khususnya perangkat desa, untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

“Penggunaan media sosial harus dilakukan dengan bijak. Jangan mudah percaya apalagi ikut menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya. Jika ada informasi yang mencurigakan, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu atau melaporkannya kepada pihak yang berwenang. Jangan sampai kita justru menjadi bagian dari penyebar hoaks yang dapat memecah belah persatuan masyarakat,” lanjut IPDA Rusdin.

Dalam kesempatan tersebut, IPDA Rusdin juga menjelaskan bahwa pihak kepolisian akan terus memantau dan menindak tegas setiap tindakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban, termasuk penyebaran hoaks dan provokasi yang mengandung ujaran kebencian.

Baca Juga :  Polsek Sekotong Amankan Nyongkolan Desa Pelanggan, Cegah Kemacetan dan Kecelakaan

Kerjasama Antar Elemen Masyarakat

AKP Daniel Ibi Lona, dalam pernyataan penutupnya, menekankan pentingnya sinergi antara masyarakat, pemerintah desa, dan pihak keamanan untuk memastikan bahwa Lombok Barat tetap aman dan kondusif selama pemilukada. Ia mengapresiasi partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat yang selama ini telah bekerja sama dengan baik dalam menjaga Kamtibmas di wilayah tersebut.