Scroll untuk baca artikel
Berita

Polres Lombok Barat: Waspada Hoaks dan Ujaran Kebencian Menjelang Pemilukada

×

Polres Lombok Barat: Waspada Hoaks dan Ujaran Kebencian Menjelang Pemilukada

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Jaga Kamtibmas Menjelang Pemilukada 2024

Lombok Barat, NTBDalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak 2024, Polres Lombok Barat melalui Sub Satuan Tugas (Sub Satgas) Binmas Ops. Mantap Praja Rinjani 2024, melakukan sosialisasi/”>kegiatan sosialisasi di Dusun Dasan Tawar, Desa Banyu Mulek, Kecamatan Kediri, Lombok Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan masyarakat tetap waspada dan kondusif selama tahapan Pemilukada berlangsung.

AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., Kasat Binmas Polres Lombok Barat, menekankan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah tersebut. “Kondisi keamanan adalah tanggung jawab bersama, terutama di masa-masa sensitif seperti Pemilukada.

Baca Juga :  Polsek Kuripan Jaga Kelancaran dan Keamanan Tradisi Nyongkolan di Dusun Perengge Dalam

Kami mengajak seluruh warga untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan damai,” ujar AKP Daniel.

Sosialisasi Kamtibmas di Tengah Masyarakat

Sosialisasi yang berlangsung pada Jumat, 19 September 2024 pukul 10.00 WITA, dipimpin oleh IPDA Rusdin dan AIPTU Teguh Widodo. Kegiatan ini menyasar Kelompok Budidaya Jamur Timar serta masyarakat sekitar Dusun Dasan Tawar.

Melalui tatap muka langsung, Sub Satgas Binmas menyampaikan berbagai himbauan terkait pentingnya menjaga Kamtibmas, terutama menjelang Pemilukada.

IPDA Rusdin menjelaskan, “Kegiatan ini tidak hanya untuk menyosialisasikan pentingnya keamanan, tapi juga untuk mendengarkan keluhan warga terkait masalah-masalah keamanan di wilayah mereka. Kami berupaya mencari solusi yang dapat menjaga situasi tetap aman dan kondusif menjelang Pemilukada.”

Baca Juga :  Polsek Sekotong Patroli Kandang Sapi Warga, Antisipasi Pencurian Jelang Idul Fitri

Pesan Penting: Jaga Kamtibmas dan Hindari Hoaks

Dalam himbauan yang disampaikan, salah satu poin utama yang ditekankan adalah pentingnya menjaga persatuan dan tidak mudah terpengaruh oleh berita bohong (hoaks), ujaran kebencian, serta provokasi yang berpotensi memecah belah masyarakat.

“Hoaks sering kali menyebar cepat di media sosial, dan kami mendorong masyarakat untuk tidak langsung mempercayai informasi yang tidak jelas sumbernya. Kewaspadaan terhadap provokasi adalah kunci agar kita semua bisa melewati Pemilukada ini dengan damai,” tambah AIPTU Teguh Widodo.