Scroll untuk baca artikel
Berita

Patroli Preventif Polres Lombok Barat: Jaga Kondusifitas Pilkada

×

Patroli Preventif Polres Lombok Barat: Jaga Kondusifitas Pilkada

Sebarkan artikel ini
Sambut Pilkada 2024, Patroli Polres Lombok Barat Fokus Cegah Gangguan

Lombok Barat, NTB – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polres Lombok Barat melalui Satuan Samapta (Sat Samapta) meningkatkan kegiatan patroli preventif guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Pada Rabu, 18 September 2024, mulai pukul 09.00 WITA, anggota Sat Samapta Polres Lombok Barat melaksanakan patroli di sekitar Kantor Pemda Lombok Barat, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, dengan tujuan memantau dan memastikan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada.

Patroli Preventif untuk Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Kegiatan patroli preventif ini merupakan bagian dari tugas pokok Satgas Preventif Polres Lombok Barat dalam menjaga keamanan di masa-masa krusial seperti Pemilukada.

Baca Juga :  Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat Jaga Keamanan dan Kelancaran Pemilu

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, Iptu Eko Nugroho, S.H., menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya proaktif mencegah potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi selama proses politik berlangsung.

“Patroli preventif merupakan langkah awal yang kami lakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas. Dengan kehadiran anggota di lapangan, kami ingin memastikan masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya tanpa rasa takut dan khawatir, terutama menjelang Pemilukada 2024,” ujar Iptu Eko Nugroho.

Selain melakukan patroli, Sat Samapta juga berkoordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Lombok Barat.

Untuk memastikan bahwa lingkungan sekitar Kantor Pemda, sebagai salah satu titik penting, berada dalam pengawasan yang ketat.

Kolaborasi antara aparat kepolisian dan Satpol PP ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengamanan selama tahapan Pemilukada berlangsung.

Baca Juga :  Polsek Soromandi Evakuasi Terduga Pelaku Pencurian Dari Amukan Massa di Desa Bajo

Kolaborasi Polres Lombok Barat dan Satpol PP dalam Menjaga Sitkamtibmas

Salah satu upaya yang dilakukan dalam menjaga situasi keamanan adalah dengan mempererat koordinasi antara berbagai pihak, termasuk dengan Satpol PP.

Menurut Iptu Eko Nugroho, kolaborasi ini sangat penting mengingat peran Satpol PP dalam menjaga ketertiban di wilayah pemerintahan, terutama pada masa-masa penting seperti Pilkada.