Scroll untuk baca artikel
Berita

Polsek Kediri Giat Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan di Perbatasan

×

Polsek Kediri Giat Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan di Perbatasan

Sebarkan artikel ini
Patroli Blue Light Polsek Kediri Jaga Keamanan Perbatasan Lombok Barat-Lombok Tengah

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah, Polsek Kediri di bawah naungan Polres Lombok Barat, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan patroli blue light pada malam hari.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 September 2024, dimulai pada pukul 01.45 WITA, dan bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas di wilayah tersebut.

Patroli Fokus pada Daerah Rawan Kriminalitas

Patroli yang dilakukan oleh Polsek Kediri ini dipimpin langsung oleh KSPKT II Polsek Kediri, Aiptu Hendri Arnold Frence Fangidae, dengan melibatkan personel piket SPKT II Polsek Kediri.

Baca Juga :  Aksi Cepat Polsek Kediri, Berantas Judi Sabung Ayam di Lombok Barat Berkat Laporan Warga Melalui Call Center 110

Lokasi yang menjadi fokus patroli adalah Jalan TGH. Ibrahim Al-khalidy, tepatnya di Dusun Penandah, Desa Montong Are, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

Wilayah ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, yang selama ini kerap dilaporkan sebagai titik rawan tindak kriminalitas.

Kapolsek Kediri, AKP Jahyadi Sibawaih, S.H., dalam pernyataannya menjelaskan bahwa patroli ini merupakan langkah preventif.

Untuk menekan angka kejahatan di daerah perbatasan yang sering menjadi lokasi berbagai tindak kriminal, termasuk tindak kriminalitas 3C (Curat, Curas, dan Curanmor), balap liar, perkelahian antar pemuda, serta kejahatan jalanan lainnya.

“Patroli ini kami lakukan dengan prioritas pada daerah-daerah perbatasan, yang berdasarkan laporan dari masyarakat sering menjadi lokasi kejahatan. Selain itu, minimnya penerangan jalan di beberapa titik juga menjadi faktor yang memudahkan para pelaku kejahatan untuk beraksi,” ungkap AKP Jahyadi.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Desa Lanci Jaya Dampingi Pemerintah Desa Lanci Jaya Dalam Rangka Pemberian Santunan Kepada Keluarga Almarhum Yang Meninggal Dunia

Minim Penerangan, Rawan Kriminalitas

Minimnya lampu penerangan jalan di wilayah ini menjadi salah satu faktor utama tingginya angka kejahatan.

Kondisi jalan yang gelap dan sepi pada malam hari memungkinkan pelaku kriminal untuk melakukan aksinya tanpa terdeteksi.

Hal ini diperparah dengan keterbatasan penerangan yang hanya terdapat di beberapa lokasi, sementara sebagian besar daerah masih gelap gulita.