Scroll untuk baca artikel
Berita

Bhabinkamtibmas Desa Sermong Beri Bibit Ternak dan Tanaman Ajak Warga Binaannya Berwirausaha

×

Bhabinkamtibmas Desa Sermong Beri Bibit Ternak dan Tanaman Ajak Warga Binaannya Berwirausaha

Sebarkan artikel ini

Sumbawa Barat – Program unggulan yang diinisiasi Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Yasmara Harahap, S.I.K., adalah Bansos MANTAP dan Nutrisi MANTAP, yang terus dilakukan setiap hari oleh anggota Polsek jajaran dan Polres Sumbawa Barat dengan memberikan bingkisan berupa sembako dan makanan tambahan kepada masyarakat yang dirasa membutuhkan.

Bhabinkamtibmas Desa Sermong Polsek Taliwang, Brigadir Kamaludin, melaksanakan Bansos MANTAP kepada warganya memilih cara lain yaitu dengan memberikan bantuan berupa bibit, baik bibit ternak maupun bibit tanaman.

“Langkah yang dilakukan Brigadir Kamaludin memberikan bibit bebek atau ayam priduktif sebanyak 3 (tiga) ekor tersebut dengan maksud mengedukasi warga binaannya untuk bisa memulai berwirausaha, selama ini sudah sekitar 60 Kepala Keluarga yang sudah diberikan bibit ternak berupa bebek dengan jumlah semua ternak yang sudah diberikan lebih dari 350 ekor, bibit tanaman kunyit lebih dari 300 kg,” kata Kapolres Sumbawa Barat, melalui Kasi Humas, Iptu Zainal Abidin.

Baca Juga :  Pencegahan Pencurian Ternak: Patroli Malam Polsek Lembar

Brigadir Kamaludin tidak hanya memberikan bibit ternak berupa itik/bebek, namun jika warga binaannya yang berminat menanam jahe, kunyit, atau tanaman sejenisnya yang produktif juga diberikan bibit oleh Brigadir Kamaludin.

Saat dikonfrmasi tentang sumber dana dan kendala yang dihadapi, Brigadir Kamaludin menjelaskan bahwa dana untuk pembelian bibit ternak maupun tanaman menggunakan anggaran sarana kontak Bhabinkamtibmas dan intensif dari Desa, “Selama ini saya tidak pernah menggunakan anggaran sarana kontak Bhabinkamtibmas dan intensif Bhabinkamtibmas untuk kepentingan pribadi, semua saya gunakan untuk pembelian bibit dan saya bagikan kepada warga binaan di Desa Sermong dan ada juga masyarakat di luar desa binaan, alhamdulillah amanah/ titipan negara berupa dana sarana kontak yang dititipkan kepada saya sudah saya salurkan komandan,” imbuh Brigadir Kamaludin kepada Kapolres.

Baca Juga :  Antisipasi Gangguan Kamtibmas: Patroli Preventif Polres Lombok Barat di KPU

Sebelum menyerahkan bantuan bibit terlebih dahulu dilakukan kunjungan ke rumah warga yang akan menerima guna mengetahui kebutuhan, keseriusan dalam berusaha, dan lahan atau pekarangan tempat usaha ternak. Jika belum memiliki kandang akan dibantu membuat kandang secara bersama-sama.