Scroll untuk baca artikel
Berita

Polres Lombok Barat Laksanakan Operasi Zebra 2024 dengan Pendekatan Humanis

×

Polres Lombok Barat Laksanakan Operasi Zebra 2024 dengan Pendekatan Humanis

Sebarkan artikel ini
Teguran Humanis dalam Ops Zebra Rinjani 2024 Keselamatan Utama

Lombok Barat, NTB Pada Selasa, 22 Oktober 2024, Polres Lombok Barat melaksanakan operasi lalu lintas bertajuk Ops Zebra Rinjani 2024 di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di depan Lapangan Jakem, Lembar.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcar lantas) di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Dalam operasi yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 09.40 Wita, berbagai strategi dan pendekatan edukatif diterapkan untuk meningkatkan masyarakat/”>kesadaran masyarakat dalam berkendara.

Persiapan dan Pelaksanaan Operasi

Sebelum pelaksanaan operasi dimulai, diadakan apel kesiapan yang dipimpin oleh Kanit Gakkum, IPDA Bram Herlambang.

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Gelar Patroli Rutin Cegah Aksi Premanisme di Pelabuhan Lembar

Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya melaksanakan operasi dengan pendekatan yang humanis dan edukatif.

“Kami mengharapkan seluruh personel agar berfokus pada kegiatan yang bersifat preemtif dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu kelancaran operasi,” ungkapnya.

Dalam hal ini, personel diminta untuk memprioritaskan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun masyarakat, serta memberikan teguran yang sopan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Ini menunjukkan komitmen kepolisian untuk tidak hanya menegakkan hukum, tetapi juga untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Kehadiran Personel

Dalam operasi tersebut, tampak kehadiran sejumlah personel dari berbagai instansi. Selain anggota Polres Lombok Barat, terdapat dua personel TNI, dua anggota Brimob, dan satu personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) yang turut serta.

Baca Juga :  Patroli Sat Samapta Polres Lobar untuk Cegah Aksi Premanisme di Pelabuhan Lembar

KBO Lantas, IPTU Abdul Hanan, juga terlihat aktif memantau jalannya operasi, memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Pendekatan Humanis dalam Penegakan Hukum

Salah satu poin penting dalam pelaksanaan Ops Zebra Rinjani 2024 adalah pendekatan humanis dalam penegakan hukum. Iptu Dina Rizkiana, Kasat Lantas Polres Lombok Barat, menegaskan bahwa operasi ini bukan hanya sekadar penindakan.