Scroll untuk baca artikel
Berita

Satlantas Polres Bima Kota Bersama Dishub Kota Bima Lakukan Pemeriksaan Kendaraan Bus AKAP

×

Satlantas Polres Bima Kota Bersama Dishub Kota Bima Lakukan Pemeriksaan Kendaraan Bus AKAP

Sebarkan artikel ini

Bima Kota, NTB (23/10) – Memasuki pekan kedua pelaksanaan Operasi Zebra Rinjani 2024, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bima Kota bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima menggelar sosialisasi/”>kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kendaraan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (22/10/2024) di Terminal Dara, Kota Bima.

Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H., melalui Kasat Lantas Iptu Novit Haru Prasetyo, S.Tr.K., S.I.K., menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para sopir bus terkait aturan-aturan lalu lintas yang berlaku. Hal ini diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas serta menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Bima Kota.

Selain sosialisasi, personel Satlantas juga melakukan imbauan kepada para sopir bus agar selalu rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan mereka. Pengecekan tersebut mencakup kondisi ban, kaca spion, rem, plat nomor kendaraan, serta kelengkapan surat-surat seperti STNK dan SIM.

“Kami berharap dengan adanya pemeriksaan dan sosialisasi ini, para sopir lebih peduli terhadap keselamatan di jalan dan mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga angka kecelakaan dapat diminimalisir,” ujar Iptu Novit.

Kegiatan pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa setiap bus AKAP yang beroperasi di wilayah Kota Bima dalam kondisi layak jalan, sehingga keselamatan penumpang dapat terjamin.