Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamOperasi

Kapolres Lombok Barat: Masyarakat dan Polri Siap Selenggarakan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

×

Kapolres Lombok Barat: Masyarakat dan Polri Siap Selenggarakan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Bagus Nyoman Gede J., S.H., S.I.K., M.AP., menekankan pentingnya kesiapan masyarakat dan Polri dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Dalam rangka Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024, yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Selama proses pemilu berlangsung, Kapolres menekankan kepada ajajarannya, untuk mempedomani Asta Siap, salah satunya siap masyarakat.

“Siap masyarakat berarti masyarakat siap untuk berpartisipasi dalam pemilu dengan bijak, sesuai dengan hati nurani dan aspirasinya. Tanpa terpengaruh oleh isu-isu negatif yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Kapolres dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Melakukan Patroli Siber dan Penyelidikan Tindak Pidana Masa Kampanye Pemilu 2024

Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu

Kapolres juga menekankan netralitas anggota polri dalam pelaksanaan pemilu. Netralitas anggota polri berarti tidak memihak kepada salah satu calon, partai politik, atau kelompok tertentu, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Dengan menjaga netralitas, anggota polri dapat melaksanakan tugasnya dengan Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (PresisiI). Serta dapat memperoleh kepercayaan dan penghargaan dari masyarakat,” kata Kapolres.

Fungsi Intelegent dan Kehumasan dalam Pemilu

Selain itu, Kapolres juga mengatakan bahwa setiap anggota polri berkewajiban mengemban fungsi intelegent dan kehumasan dalam pelaksanaan pemilu. Fungsi intelegent berarti setiap anggota polri harus peka terhadap perkembangan situasi yang dapat mengancam dan mengganggu Kamtibmas. Khususnya dalam mengantisipasi dan menangani segala potensi gangguan kamtibmas yang berkaitan dengan pemilu.

Baca Juga :  Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat Patroli Malam di Kantor KPU dan Jalan Bypass BIL

Sementara itu, fungsi kehumasan berarti setiap anggota polri harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat, media massa, dan stakeholder lainnya. Serta memberikan pelayanan yang prima, responsif, dan humanis kepada masyarakat. Memberikan informasi yang relevan, obyektif dan menyejukkan, agar dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam mendukung kondusifitas di tengah masyarakat.

Berita

  Jakarta. Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi…