Scroll untuk baca artikel
Berita

Polsek Sekotong Amankan Tradisi Nyongkolan di Sekotong, Lombok Barat

×

Polsek Sekotong Amankan Tradisi Nyongkolan di Sekotong, Lombok Barat

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB Polsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas kegiatan adat Sasak nyongkolan di sepanjang jalan raya Dusun Pangsing, Desa Persiapan Pengantap, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, pada Minggu (3/12/2023).

Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengatakan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan nyongkolan.

Kegiatan nyongkolan merupakan tradisi masyarakat Sasak yang dilakukan untuk mengantar pengantin pria ke rumah pengantin wanita. Polsek Sekotong telah mengerahkan personel Bhabinkamtibmas Desa Buwun Mas dan anggota Samapta Polsek Sekotong untuk mengamankan kegiatan ini.

Dalam pengaturan arus lalu lintas, petugas kepolisian memastikan rombongan pengantin yang berjalan kaki dengan diiringi alat musik Kecimol dan gendang Beleq dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Baca Juga :  Patroli Imbangan Polsek Sekotong di Pelabuhan Tawun Jaga Keamanan IAF 2024

Petugas juga mengimbau rombongan pengantin untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lainnya.

“Secara umum, kegiatan ini berjalan aman dan lancar, tidak ada gangguan yang berarti. Kami juga mendapat ucapan terima kasih dari tokoh masyarakat dan tokoh pemuda kedua desa atas pengamanan yang dilakukan oleh aparat kepolisian Polsek Sekotong,” ujar Iptu Suriarta.

Dengan adanya pengamanan yang dilakukan oleh Polsek Sekotong, kegiatan nyongkolan ini dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat.