Scroll untuk baca artikel
Berita

Demi Demokrasi, Logistik Pemilu 2024 di Lombok Barat Menyeberangi Laut

×

Demi Demokrasi, Logistik Pemilu 2024 di Lombok Barat Menyeberangi Laut

Sebarkan artikel ini
Hari Pertama Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Lombok Barat Berjalan Lancar

Lombok Barat, NTB Hari pertama proses pendistribusian logistik pemilu 2024 di Kabupaten Lombok Barat berjalan lancar dan aman. Hal ini berkat kerjasama antara KPU, Polri, TNI, dan panitia pemilu di tingkat desa.

Salah satu wilayah yang menjadi perhatian khusus dalam pendistribusian logistik pemilu adalah Kecamatan Sekotong. Kecamatan ini memiliki beberapa desa yang berada di kepulauan, sehingga membutuhkan transportasi laut untuk mengantarkan logistik pemilu.

Desa Gili Gede Indah Merupakan Desa Kepulauan

Salah satunya adalah Desa Gili Gede Indah, yang memiliki 1.011 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Desa ini terletak di Pulau Gili Gede, yang harus ditempuh dengan menggunakan sampan atau perahu dari Pelabuhan Tembowong.

Baca Juga :  Polsek Kuripan Kawal Pengamanan Pasar Rakyat Wahana Mainan di Jagaraga Kuripan, Lombok Barat

Kapolsek Sekotong Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengamanan dan pengawalan logistik pemilu dari gudang logistik KPU. Bertempat di Gelogor, Kecamatan Kediri, menuju ke masing-masing desa di wilayah Kecamatan Sekotong.

“Hari ini saya bersama rekan babinsa, bhabinkamtibmas, dan panitia melaksanakan kegiatan pengawalan hingga ke kantor Desa Gili Gede Indah melalui Pelabuhan Tembowong. Hingga tiba di kantor desa, dalam keadaan aman dan lancar,” ujarnya, Senin (12/2/2024).

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi logistik pemilu terjatuh atau basah saat menyeberang, pihaknya berkoordinasi dengan pihak KPU Lombok Barat. Guna memastikan kemanannya, terutama dari gangguan saat membawanya.

“Syukurnya, tidak ada yang mengalami insiden terjatuh atau basah. Logistik pemilu dalam keadaan aman dan terjaga,” katanya.

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Lombok Barat Gelar Gatur Pagi Cegah Laka Lantas

Polsek Sekotong telah menyebar personelnya di masing-masing desa, sebanyak 9 kantor desa, sesuai dengan rencana pengamanan Operasi Mantap Brata Rinjani Polres Lombok Barat.

“Kini, masing-masing personel siaga di masing-masing desa, dibantu oleh rekan-rekan TNI atau babinsa,” ujarnya.

Medan di Wilayah Sekotong yang Menantang

Untuk tempat yang sulit dijangkau di wilayah hukum Polsek Sekotong, pihaknya menyiasatinya dengan menugaskan personel yang bertugas, untuk memastikan logistik pemilu sampai dengan aman.