Scroll untuk baca artikel
Berita

Bhabinkamtibmas Sukses Amankan Nyongkolan, Dusun Montong Kelor Bersuka Cita

×

Bhabinkamtibmas Sukses Amankan Nyongkolan, Dusun Montong Kelor Bersuka Cita

Sebarkan artikel ini
Nyongkolan Meriah di Gerung, Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polsek Gerung, Polres Lombok Barat, Polda NTB, dibawah pimpinan Kapolsek AKP I Kadek Sumerta, SH., kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kelancaran tradisi adat Nyongkolan di wilayah hukumnya. Pada Rabu sore, 29 Mei 2024, personel Bhabinkamtibmas Polsek Gerung diterjunkan untuk mengamankan jalannya prosesi Nyongkolan yang berlangsung meriah di Dusun Montong Kelor, Desa Mantang, Kecamatan Praya Barat Daya.

Prosesi Nyongkolan, yang merupakan tradisi mengantar pengantin pria ke rumah pengantin wanita dengan iring-iringan musik dan kerumunan orang, dimulai pukul 16.40 WITA. Rombongan pengantin dan keluarga berjalan kaki dari Dusun Montong Kelor menuju Dusun Tempos Daye, Desa Tempos, diiringi alunan merdu musik Kecimol.

Para petugas Bhabinkamtibmas dengan sigap melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di sepanjang jalur Nyongkolan. Langkah ini terbukti efektif dalam mencegah kemacetan dan memastikan keamanan serta kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan.

Berkat kesigapan dan profesionalisme Polsek Gerung, seluruh rangkaian acara Nyongkolan berlangsung dengan aman, lancar, dan penuh sukacita hingga pukul 18.00 WITA. Masyarakat setempat pun menyambut baik kehadiran polisi yang turut menjaga kelestarian tradisi budaya mereka.

Kapolsek Gerung, AKP I Kadek Sumerta, SH., menegaskan komitmen pihaknya dalam mendukung pelestarian budaya lokal. “Nyongkolan adalah warisan budaya Sasak yang harus kita jaga bersama. Polsek Gerung akan selalu siap mengamankan dan mendukung kegiatan adat ini agar dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Kamtibmas untuk Menciptakan Situasi Aman dan Kondusif Jelang Pemilu 2024

Keberhasilan Polsek Gerung dalam mengamankan Nyongkolan kali ini menjadi bukti nyata sinergi antara aparat kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus melestarikan kekayaan budaya daerah.