Scroll untuk baca artikel
Berita

Agar Rambut Indah Bebas Kerusakan, Hindari 10 Kebiasaan Ini

×

Agar Rambut Indah Bebas Kerusakan, Hindari 10 Kebiasaan Ini

Sebarkan artikel ini
Agar Rambut Indah Bebas Kerusakan, Hindari 10 Kebiasaan Ini
Agar Rambut Indah Bebas Kerusakan, Hindari 10 Kebiasaan Ini. Freepik.

plbnews.web.id – Rambut indah dan berkilau adalah dambaan banyak orang. Tak heran, banyak orang yang rela menghabiskan waktu dan uang untuk melakukan berbagai perawatan rambut. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa kebiasaan yang selama ini dianggap menyehatkannya ternyata justru bisa merusaknya?

Berikut beberapa kebiasaan yang perlu dihindari karena justru dapat merusaknya:

1. Mencuci Terlalu Sering

Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin sering mencuci, semakin bersih dan pasangan-insecure-kenali-tanda-insecurity-dan-selamatkan-hubungan-anda/” target=”_blank” rel=”noopener”>sehat. Namun, anggapan ini keliru. Mencuci rambut terlalu sering justru dapat menghilangkan minyak alami rambut yang penting untuk menjaga kelembapannya. Hal ini dapat membuat rambut menjadi kering, kusam, dan mudah patah.

Baca Juga :  Polsek Kediri Patroli dan Monitor Lalu Lintas di Simpang 4 Kediri

2. Menggunakan Air Panas untuk Mencuci

Air panas dapat membuka kutikula rambut, sehingga menjadi lebih mudah rusak dan kusam. Sebaiknya gunakan air hangat atau air dingin untuk mencucinya.

3. Menyisir Saat Basah

Rambut basah lebih rapuh dan mudah patah. Menyisir saat basah dapat menyebabkan kerusakan pada batangnya. Sebaiknya tunggu hingga tunggu hingga kering terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

4. Mengikat Terlalu Kencang

Mengikat terlalu kencang dapat menyebabkan tekanan, sehingga menjadi mudah rontok. Gunakan ikat yang longgar dan hindari mengikatnya terlalu lama.

5. Menggunakan Alat Styling Rambut Panas Terlalu Sering

Alat styling panas seperti catokan, hair dryer, dan curling iron dapat merusak jika digunakan terlalu sering. Gunakan alat styling panas hanya sesekali dan selalu gunakan pelindung sebelum menggunakannya.

Baca Juga :  Urutan Skincare Tepat untuk Kulit Sehat dan Glowing

6. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner penting untuk menjaga kelembapan. Gunakan kondisioner setiap kali mencucinya, terutama pada bagian ujungnya

Ujung bercabang adalah tanda bahwa dalam kondisi rusak. Jika dibiarkan, kerusakan akan semakin parah dan menjalar ke atas batangnya. Sebaiknya potong ujung bercabang secara teratur.

8. Kurang Mengonsumsi Makanan Sehat

Kesehatannya juga dipengaruhi oleh asupan makanan. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan protein untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam.