Scroll untuk baca artikel
BeritaNasional

Imigrasi Soekarno-Hatta dan Jepang Perkuat Layanan Keimigrasian

×

Imigrasi Soekarno-Hatta dan Jepang Perkuat Layanan Keimigrasian

Sebarkan artikel ini
Imigrasi Soekarno-Hatta dan Jepang Perkuat Layanan Keimigrasian

Tangerang, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta (Soetta) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan keimigrasian. Kali ini, bekerja sama dengan The Immigration Services Agency of Japan (Badan Layanan Imigrasi Jepang), mereka berhasil meraih apresiasi atas fasilitas dan pelayanan prima yang diberikan.

Kunjungan Langsung Otoritas Jepang

Sebagai bentuk komitmen dalam kerjasama bilateral, otoritas Jepang, didampingi langsung oleh Atase Imigrasi KBRI Tokyo, melakukan kunjungan langsung (site visit) ke Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (3/7/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi kesiapan pelayanan dan fasilitas keimigrasian di berbagai lokasi penting, termasuk:

  • Lokasi keberangkatan
  • Passenger Analysis Unit (PAU)
  • Autogate
  • Visa on Arrival (VoA)
  • TPI kedatangan
Baca Juga :  Bersama Bersihkan Lingkungan, Forkopimcam Labuapi Ajak Masyarakat Cegah DBD

Apresiasi Atas Fasilitas dan Pelayanan Prima

Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Subki Miuldi, mengungkapkan rasa bangganya atas apresiasi yang diberikan oleh otoritas Jepang. “Kami memperoleh apresiasi atas fasilitas dan pelayanan keimigrasian yang prima,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Apresiasi ini membuktikan bahwa Imigrasi Soekarno-Hatta telah berhasil mencapai standar internasional dalam hal pelayanan keimigrasian. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi para pengguna jasa bandara, baik warga negara Indonesia maupun wisatawan mancanegara.

Penguatan Kerjasama Bilateral

Kunjungan otoritas Jepang ini merupakan bagian dari pertemuan bilateral antara Indonesia dan Jepang, yang juga mencakup penandatanganan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia.

Sebelumnya, site visit juga telah dilakukan ke Rumah Detensi Imigrasi Jakarta dan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian. Hal ini menunjukkan keseriusan kedua negara dalam memperkuat kerjasama di bidang keimigrasian.

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Amankan Kampanye Pertemuan Terbatas Caleg di Desa Labuan Tereng, Lembar

Subki Miuldi menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda penting dalam pertemuan bilateral hari kedua yang diadakan di Jakarta. “Ini adalah kelanjutan dari kerjasama yang telah terjalin antara kedua lembaga untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan layanan keimigrasian,” jelasnya.