Scroll untuk baca artikel
Berita

Personil Polres Sumbawa Barat ikuti Test Kesamaptaan Jasmani smester 1 tahun 2024

×

Personil Polres Sumbawa Barat ikuti Test Kesamaptaan Jasmani smester 1 tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Sumbawa Barat – Untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan fisik Personel Polres Sumbawa Barat secara periodik setiap enam bulan sekali dilakukan Tes Kesamaptaan Jasmani yang diikuti oleh seluruh personel Polres Sumbawa Barat. Kamis, 18 / 7 / 2024.

Melalui Test Kesamaptaan Jasmani kemampuan fisik anggota bisa diukur sehingga personil akan terap menjaga stabilitas kesehatan fisiknya, dengan jasmani yang sehat, maka personel akan mampu melayani masyarakat sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” ungkap Kabag SDM Polres Sumbawa Barat AKP Sadri melalui Kasi Humas Iptu Zainal Abidin.

Sebelum mengikuti kegiatan, seluruh peserta kesamaptaan jasmani ini wajib melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan terlebih dahulu oleh personil dari seksi kedokteran kesehatan Polres Sumbawa Barat guna untuk mengetahui bahwa personil yang mengikuti Test Kesamaptaan betul betul mampu melaksanakan kegiatan karena Test Kesamaptaan Jasmani memerlukan kondisi tubuh yang sehat, jika dalam pemeriksaan kesehatan tidak menenuhi syarat maka personil dipersilakan istirahat dan test kesamaptaan ditunda, hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terhadap kondisi tubuh personil.

Baca Juga :  Korlantas Polri Laksanakan Kajian Blackspot Dan Troublespot Di Polres Loteng.

Tahap-tahapan tes Kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari Lari selama (12 menit), Push Up, Pull Up, Shuttle Run, Chinning khusus untuk Polwan dan dalam pelaksanaan dipisahkan sesuai kategori umur.

Test Kesamaptaan Jasmani wajib diikuti setiap anggota Polri untuk melengkapi penilan dalam 12 komponen secara online, yang juga digunakan dalam persyaratan kenaikan pangkat maupun pendidikan pengembangan ke jenjang yang lebih tinggi maupun pendidikan kejuruan.

Hal ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik setiap personil Polri dan menjadi tolak ukur kekuatannya setiap enam bulan sekali, apalagi saat ini menjelang Pemilihan Bupati wakil Bupati Gubernur / Wakil Gubernur secara serentak di sekuruh Indonesia tentunya memerlukan kehadiran Petugas Kepolisian dalam kondisi prima, tutup Kasi Humas.