Scroll untuk baca artikel
Berita

Patroli Preventif Polres Lombok Barat Antisipasi Gangguan Pilkada

×

Patroli Preventif Polres Lombok Barat Antisipasi Gangguan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Jelang Pilkada 2024, Patroli Preventif Sat Samapta Polres Lombok Barat Ciptakan Kondisi Aman

Menurutnya, kerja sama antara aparat kepolisian dan masyarakat merupakan kunci utama dalam menciptakan keamanan yang berkelanjutan.

Terutama menjelang perhelatan Pilkada yang sering kali menjadi momen krusial dalam menjaga stabilitas daerah.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban/”>keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Setiap warga memiliki peran penting dalam menjaga suasana damai dan kondusif,” imbaunya.

Terutama di tengah situasi politik yang sedang berlangsung. “Kami dari pihak kepolisian akan terus berupaya memberikan rasa aman. Melalui berbagai langkah preventif, seperti patroli ini,” jelasnya.

Potensi Gangguan Kamtibmas di Masa Pilkada

Pilkada serentak 2024 akan menjadi salah satu momen penting dalam proses kondusifitas-pleno/”>demokrasi di Indonesia, termasuk di Kabupaten Lombok Barat.

Baca Juga :  Kapolres Loteng Hadiri Rapat Lintas Sektoral Jelang Pilkada Serentak 2024.

Namun, seiring dengan pelaksanaannya, terdapat sejumlah tantangan yang perlu untuk mengantisipasinya, baik oleh aparat kepolisian maupun masyarakat.

Beberapa tantangan yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada meliputi potensi konflik sosial, penyebaran hoaks, serta aksi-aksi provokatif. Yang dapat memicu ketegangan di masyarakat.

Polres Lombok Barat menyadari bahwa potensi-potensi ini harus diantisipasi sejak dini, salah satunya melalui operasi preventif ini.

Sinergi Antar Aparat dan Masyarakat untuk Kelancaran Pilkada

Keberhasilan dalam menjaga stabilitas keamanan selama Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Lombok Barat tidak lepas dari sinergi semua pihak. Antara lain sinergi aparat kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Dalam hal ini, Polres Lombok Barat terus berupaya membangun komunikasi yang efektif dengan berbagai pihak, termasuk KPU, Bawaslu, serta elemen masyarakat lainnya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Desa Lepadi Polsek Pajo Hadiri Pelepasan dan Perpisahan Pelajar SMAN 1 Pajo

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari seluruh pihak, baik dari pemerintah daerah, penyelenggara Pilkada, maupun masyarakat. Sinergi yang baik ini menjadi modal utama kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada berlangsung,” ujarnya.

Komitmen Polres Lombok Barat untuk Pilkada Aman

Melalui pelaksanaan Operasi Gatari Praja 2024, Polres Lombok Barat menunjukkan komitmennya untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang Pilkada serentak 2024.