Scroll untuk baca artikel
Berita

Keamanan Pilkada 2024: Langkah Preventif Polres Lombok Barat

×

Keamanan Pilkada 2024: Langkah Preventif Polres Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Patroli Preventif Polres Lombok Barat di Objek Vital Pilkada, Jamin Keamanan

Lombok Barat, NTB Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kepolisian Resor (Polres) Lombok Barat melalui Satuan Samapta, melaksanakan patrol preventif.

Tergabung dalam keamanan-objek-vital-pilkada/”>Operasi Gatari Praja 2024, bertujuan untuk memastikan ketertiban/”>keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Khususnya dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak yang akan digelar di berbagai daerah.

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, Iptu Eko Nugroho, S.H., menjelaskan bahwa operasi ini merupakan bagian dari upaya preventif pihak kepolisian.

Dalam menjaga stabilitas keamanan selama masa-masa krusial menuju hari pemilihan.

“Dengan melakukan patroli di lokasi-lokasi strategis seperti kantor Badan Pengawas Pemilu (konflik-pilkada-2024/”>Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (kpu-pastikan-pilkada-lombok-barat-aman/”>KPU). Kami berupaya mengantisipasi segala bentuk gangguan yang dapat menghambat proses Pilkada.

Baca Juga :  Patroli KRYD Polsek Gerung untuk Ciptakan Situasi Kamtibmas yang Aman

Patroli di Kantor Bawaslu Lombok Barat

Personel dari Satuan Samapta Polres Lombok Barat melaksanakan patroli di kantor Bawaslu yang terletak di Kecamatan Gerung.

Mulai dari malam, hingga pagi dini hari, menyasar Kantor Bawaslu dan sekitarnya, Minggu (11/8/2024).

Patroli ini untuk mencegah potensi gangguan keamanan yang dapat muncul terkait dengan tahapan Pilkada yang sedang berlangsung.

“Kami melakukan patroli secara preventif di kantor Bawaslu untuk memastikan situasi tetap kondusif. Ini penting mengingat peran Bawaslu yang sangat vital dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada,” ujar Iptu Eko Nugroho. “Kami tidak ingin ada gangguan yang dapat mengganggu jalannya proses demokrasi di Kabupaten ini.”

Selain patroli, personel juga melakukan pemantauan terhadap situasi sekitar dan berkoordinasi dengan petugas keamanan setempat.

Baca Juga :  Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat Amankan Jalur Kampanye dan Lalu Lintas

Langkah ini untuk memastikan bahwa segala bentuk potensi ancaman bisa segera menanganinya sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

Patroli di Kantor KPU Lombok Barat

Selain Kantor Bawaslu, tim yang sama melanjutkan patroli ke kantor KPU Kabupaten Lombok Barat, yang juga berada di Kecamatan Gerung.