Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Urutan Skincare Tepat untuk Kulit Sehat dan Glowing

×

Urutan Skincare Tepat untuk Kulit Sehat dan Glowing

Sebarkan artikel ini
Urutan Skincare Tepat untuk Kulit Sehat dan Glowing
Urutan Skincare Tepat untuk Kulit Sehat dan Glowing. Image by pressfoto on FreepikImage by pressfoto on Freepik

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

1. Pembersih Wajah

Langkah pertama dalam rutinitas skincare pagi adalah membersihkan wajah. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit normal dan kering, pilihlah pembersih wajah yang lembut dan bebas sabun. Untuk kulit berminyak dan kombinasi, pilihlah pembersih wajah yang mengandung bahan salicylic acid atau benzoyl peroxide.

2. Toner

Toner membantu menyeimbangkan pH kulit setelah dibersihkan dan mempersiapkan kulit untuk produk selanjutnya. Pilihlah toner yang bebas alkohol dan mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, seperti hyaluronic acid untuk kulit kering atau witch hazel untuk kulit berminyak.

3. Serum

Serum mengandung konsentrasi tinggi bahan aktif yang menargetkan masalah kulit spesifik, seperti jerawat, keriput, atau hiperpigmentasi. Pilihlah serum yang sesuai dengan masalah kulit Anda.

4. Moisturizer

Moisturizer membantu menjaga kelembapan kulit agar tidak kering dan kusam. Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit kering, pilihlah moisturizer yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau shea butter. Untuk kulit berminyak, pilihlah moisturizer yang oil-free dan non-comedogenic.

5. Sunscreen

Sunscreen adalah produk skincare yang paling penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan spektrum luas UVA/UVB setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.

Baca Juga :  Pasangan Sering Berbohong? Ini Cara Menghadapinya

Urutan Pemakaian Skincare Malam

1. Makeup Remover (Jika memakai makeup)

Langkah pertama dalam rutinitas skincare malam adalah menghapus makeup. Gunakan makeup remover yang sesuai dengan jenis makeup Anda. Untuk makeup waterproof, gunakan makeup remover oil-based.

2. Pembersih Wajah

Gunakan pembersih wajah yang sama seperti pada rutinitas pagi untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan sisa makeup.

3. Eksfoliasi (2-3 kali seminggu)

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam. Pilihlah exfoliator yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit sensitif, pilihlah exfoliator yang gentle dan chemical-based.