Scroll untuk baca artikel
BeritaKesehatan

Menanti 25 Tahun, Jorong Kampung Baru Akhirnya Miliki Bidan Desa

×

Menanti 25 Tahun, Jorong Kampung Baru Akhirnya Miliki Bidan Desa

Sebarkan artikel ini
Menanti 25 Tahun, Jorong Kampung Baru Akhirnya Miliki Bidan Desa

Tanah Datar, Sumatera Barat – Setelah penantian panjang selama 25 tahun, Jorong Kampung Baru di Nagari Buo, Kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar, akhirnya memiliki bidan desa. Kehadirannya ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat di Jorong Kampung Baru yang berpenduduk sekitar 250 jiwa.

Bidan desa tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, didampingi Ketua TP PKK Lise Eka Putra, Kepala Dinas Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Camat Lintau Buo Mulkhairi, dan undangan lainnya, pada hari Sabtu (29/6/2024) di halaman Poskesri Jorong Kampung Baru.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan hadirnya bidan desa di Jorong Kampung Baru, kebutuhan layanan kesehatan masyarakat setempat dapat terpenuhi dengan lebih baik.

Baca Juga :  Polsek Batulayar Turun Tangan, Warga Montong Buwuh Merasa Aman

“Keinginan masyarakat jorong ini sudah terpenuhi, silahkan manfaatkan semaksimal mungkin,” pesan Bupati Eka. “Segera berobat ke bidan kalau terserang penyakit, dan kepada bidan, saya harap untuk melayani masyarakat dengan baik.”

Bupati Eka juga berpesan kepada masyarakat setempat untuk menjaga dan mendukung keberadaannya di Jorong Kampung Baru.

“Hari ini saya serahkan bidan desa untuk jorong ini, tolong jaga juga bidan kita sehingga ia betah di sini untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk kita semua,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka juga menyampaikan informasi tentang Program Berobat Gratis bagi masyarakat Tanah Datar di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar.

Penantian panjang warga Jorong Kampung Baru untuk memiliki bidan desa ini akhirnya terwujud berkat komitmen dan kerja keras dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Sehingga menjadi tonggak baru dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Jorong Kampung Baru dan sekitarnya.

Baca Juga :  Police Goes to School , Bhabinkamtibmas Desa Sekongkang Atas Kunjungi TKN 02 Program Polisi Sahabat Anak

Menyambut Bidan Desa dengan Harapan Baru

Wali Nagari Buo, Yulkusmayanto, menyampaikan rasa terima kasihnya atas penempatan bidan desa di Jorong Kampung Baru.

“Alhamdulillah, sekian lama keinginan masyarakat untuk memiliki Bidan Desa yang bertugas di Poskesri, di masa pak Bupati Eka Putra terealisasi,” tuturnya. “Tentu ini menjadi anugerah bagi kami Nagari Buo, khususnya di Jorong Kampung Baru yang memiliki lebih kurang 250 jiwa.”

Yulkusmayanto berharap kehadiran mereka dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memanfaatkan polri-terus-memberikan-pelayanan-terbaik-ke-masyarakat/” target=”_blank” rel=”noopener”>layanan kesehatan yang tersedia.

“Dengan adanya mereka, masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, terutama ibu hamil dan anak-anak,” ujarnya. “Kita harap masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya.”

Baca Juga :  Batulayar Bersatu Lawan Stunting: Rapat Koordinasi TPPS Jadi Ajang Konsolidasi Lintas Sektor

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh masyarakat setempat, Adam Surya. Adam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar atas perhatiannya terhadap kesehatan masyarakat di Jorong Kampung Baru.

“Terima kasih pak Bupati atas penempatan bidan desa di Jorong ini,” kata Adam. “Semoga bidan kita betah dan terus mengabdi di sini, karena memang kehadirannya sangat dinanti dan dibutuhkan masyarakat.”

Adam berharap mereka dapat bekerja sama dengan baik dengan perangkat nagari dan tokoh masyarakat setempat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Jorong Kampung Baru.