Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Waspada Daging Busuk! Kenali Ciri-cirinya Agar Tak Jadi Korban

×

Waspada Daging Busuk! Kenali Ciri-cirinya Agar Tak Jadi Korban

Sebarkan artikel ini
Waspada Daging Busuk! Kenali Ciri-cirinya Agar Tak Jadi Korban

plbnews.web.id – Daging merupakan salah satu sumber protein hewani yang penting bagi tubuh. Namun, jika tidak disimpan atau ditangani dengan benar, daging bisa cepat membusuk dan menjadi tidak layak konsumsi. Mengonsumsi daging busuk tidak hanya merusak cita rasa masakan, tetapi juga bisa membahayakan kesehatan.

Lantas, bagaimana cara mengenali daging yang sudah tidak layak konsumsi?

Daging busuk memiliki sejumlah ciri-ciri yang bisa dikenali dengan mudah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Perubahan Warna: Daging segar memiliki warna merah cerah atau merah muda, tergantung jenisnya. Namun, daging yang sudah busuk akan berubah warna menjadi lebih gelap, seperti cokelat, abu-abu, atau bahkan kehijauan. Perubahan warna ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan proses oksidasi.

  2. Bau Tidak Sedap: Daging segar memiliki aroma khas yang samar. Namun, daging busuk akan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap, seperti bau asam, amis, atau bahkan busuk. Bau ini disebabkan oleh senyawa kimia yang dihasilkan oleh bakteri pembusuk.

  3. Tekstur Lengket dan Berlendir: Daging segar memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit lembap. Namun, daging busuk akan terasa lengket dan berlendir saat disentuh. Hal ini disebabkan oleh lendir yang dihasilkan oleh bakteri.

  4. Munculnya Jamur: Daging busuk seringkali ditumbuhi jamur berwarna putih, hijau, atau hitam. Jamur ini adalah tanda bahwa daging sudah terkontaminasi dan tidak layak konsumsi.

Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas pada daging yang Anda miliki, sebaiknya jangan mengonsumsinya. Membuang daging busuk adalah cara terbaik untuk menghindari risiko keracunan makanan.

Selain ciri-ciri di atas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli dan menyimpan daging:

  • Beli daging dari sumber yang terpercaya: Pastikan Anda membeli daging dari penjual yang memiliki reputasi baik dan menjaga kebersihan tempat usahanya.
  • Periksa tanggal kedaluwarsa: Selalu periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan daging sebelum membelinya. Jangan membeli daging yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa.
  • Simpan daging dengan benar: Daging segar harus disimpan di dalam lemari pendingin pada suhu 4 derajat Celsius atau lebih rendah. Daging beku harus disimpan di dalam freezer pada suhu -18 derajat Celsius atau lebih rendah.
  • Jangan menyimpan daging terlalu lama: Daging segar sebaiknya tidak disimpan lebih dari 3-5 hari di dalam lemari pendingin. Daging beku bisa disimpan lebih lama, tetapi sebaiknya tidak lebih dari 6-12 bulan.

Apa yang terjadi jika mengonsumsi daging busuk?

Mengonsumsinya dapat menyebabkan keracunan makanan. Gejala keracunan makanan bisa bervariasi, mulai dari yang ringan seperti mual, muntah, diare, hingga yang berat seperti demam tinggi, sakit kepala, kram perut, dan bahkan kematian.

Baca Juga :  7 Tips Membangun Kebiasaan Hidup Sehat untuk Masa Depan yang Lebih Baik