Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Pantangan Asam Urat, 10 Makanan yang Wajib Dihindari!

×

Pantangan Asam Urat, 10 Makanan yang Wajib Dihindari!

Sebarkan artikel ini
Pantangan Asam Urat, 10 Makanan yang Wajib Dihindari!
Pantangan Asam Urat, 10 Makanan yang Wajib Dihindari! (FREEPIK)

plbnews.web.id – Asam urat, momok bagi banyak orang, kerap kali menimbulkan nyeri sendi yang tak tertahankan. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah, yang kemudian mengkristal dan menumpuk di persendian. Pola makan menjadi salah satu faktor kunci dalam mengontrol asam urat. Artikel ini akan mengupas tuntas 10 jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita ini, berdasarkan informasi terkini dan rekomendasi ahli.

1. Jeroan: Sumber Purin Tinggi

Jeroan, seperti hati, ampela, ginjal, dan usus, adalah makanan lezat yang sayangnya harus dihindari penderita ini. Kandungan purin yang sangat tinggi dalam jeroan dapat meningkatkan produksi asam urat secara drastis, memicu serangan nyeri sendi yang menyiksa.

2. Daging Merah: Batasi Konsumsi

Daging merah, terutama daging sapi, kambing, dan domba, mengandung purin dalam jumlah sedang. Meskipun tidak setinggi jeroan, konsumsi berlebihan daging merah tetap dapat meningkatkan risikonya. Batasi konsumsi daging merah menjadi 1-2 kali seminggu dan pilihlah potongan daging yang rendah lemak.

3. Seafood: Nikmatnya Seafood yang Harus Diwaspadai

Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, dan beberapa jenis ikan (seperti tuna, sarden, dan teri) juga termasuk dalam daftar pantangan asam urat. Kandungan purin yang cukup tinggi dalam seafood dapat memicu peningkatandalam darah.

4. Sayuran Tertentu: Tidak Semua Sayuran Aman

Meskipun sayuran umumnya baik untuk kesehatan, beberapa jenis sayuran seperti bayam, kangkung, asparagus, dan kembang kol mengandung purin yang cukup tinggi. Batasi konsumsi sayuran tersebut dan variasikan dengan sayuran lain yang lebih aman, seperti wortel, brokoli, dan labu.

Baca Juga :  Mengatasi Diare Tanpa Obat, Cobalah Cara ini

5. Kacang-kacangan: Sumber Protein Nabati yang Perlu Dibatasi

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang merah mengandung purin dalam jumlah sedang. Meskipun merupakan sumber protein nabati yang baik, penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi kacang-kacangan agar kadar asam urat tetap terkontrol.