Scroll untuk baca artikel
Berita

Polsek Gerung Sosialisasikan Pencegahan TPPO di Dusun Kebon Jurang Gerung, Lombok Barat

×

Polsek Gerung Sosialisasikan Pencegahan TPPO di Dusun Kebon Jurang Gerung, Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Polsek Gerung Sosialisasikan Pencegahan TPPO di Dusun Kebon Jurang Gerung, Lombok Barat

Gerung, Lombok Barat – Polsek Gerung, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar sosialisasi dan himbauan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TTPO) di Dusun Kebon Jurang, Desa Mesanggok, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (26/10/2023). Kegiatan yang berlangsung di Balai Dusun Kebon Jurang tersebut dihadiri oleh personel Polsek Gerung dan masyarakat setempat.

Kapolsek Gerung, Iptu I Kadek Sumerta, SH, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang mekanisme pengiriman PMI (Pekerja Migran Indonesia) ke luar negeri serta pencegahan terjadinya TPPO.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan himbauan kepada sanak saudaranya agar tidak termakan bujuk rayu (PL) pelaku TPPO untuk bekerja ke luar negeri dengan iming-iming gaji besar,” kata Iptu I Kadek Sumerta.

Baca Juga :  Rumah Warga di Gerung Ludes Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Dalam sosialisasi tersebut, disampaikan juga bahwa seseorang yang terlibat kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang dapat dijerat dengan UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang TPPO dan atau UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Warga masyarakat harus benar-benar selektif serta mencari informasi ke Dinas Tenaga Kerja tentang legalitas dari PT, apabila warga masyarakat mendapatkan ajakan untuk bekerja di luar negeri harus melalui proses serta prosedur yang benar guna mendapatkan perlindungan hukum secara penuh,” kata Iptu I Kadek Sumerta.

Di akhir sosialisasi, Kapolsek Gerung mengimbau kepada warga untuk melaporkan ke Polsek Gerung atau lewat Bhabinkamtibmas setempat apabila ada keluarga atau saudaranya yang menjadi korban TPPO.

Baca Juga :  Operasi Madago Raya Diperpanjang, Polda Sulteng Perkuat Keamanan Sulawesi Tengah

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya Polsek Gerung dalam mencegah terjadinya TPPO di wilayah Kecamatan Gerung. Kegiatan ini melibatkan masyarakat setempat sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang TPPO. Iptu I Kadek Sumerta juga menyampaikan bahwa Polsek Gerung siap membantu masyarakat yang menjadi korban TPPO.