Scroll untuk baca artikel
Nasional

KAI Rombak Jadwal dan Rute 27 Kereta Api, Cek Sebelum Bepergian

×

KAI Rombak Jadwal dan Rute 27 Kereta Api, Cek Sebelum Bepergian

Sebarkan artikel ini
KAI Rombak Jadwal dan Rute 27 Kereta Api, Cek Sebelum Bepergian

Jakarta, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah resmi mengubah pola operasi 27 kereta api (KA) yang meliputi penyesuaian jadwal dan stasiun pemberhentian. Perubahan ini berlaku efektif mulai 1 Juli 2024 dan bertujuan untuk meningkatkan keamanan-diperkuat-sistem-berlapis/” target=”_blank” rel=”noopener”>layanan serta menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam keterangan resminya pada Selasa (2/7/2024), menjelaskan bahwa penyesuaianini dilakukan sebagai respons terhadap dinamika kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan kenyamanan perjalanan kereta api bagi seluruh penumpang.

Detail Perubahan Jadwal dan Rute

Berikut adalah rincian perubahan jadwal dan rute yang perlu diperhatikan oleh para pengguna jasa kereta api:

Baca Juga :  Polri Kejar Aktor Besar TPPO, Penguatan Kolaborasi Kunci Berantas Perdagangan Manusia

A. Keberangkatan Stasiun Pasar Senen

Sejumlah 17 kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, termasuk KA Bengawan, Sawunggalih, Kutojaya Utara, Tawang Jaya Premium, Tegal Bahari, Matarmaja, Airlangga, Jaka Tingkir, Kertajaya, Menoreh, Jayakarta, Cikuray, Senja Utama Yk, Serayu Malam, Gumarang, Bogowonto, dan Progo. Perubahan ini meliputi menabung-harian-dengan-7-trik-ini/” target=”_blank” rel=”noopener”>penyesuaian waktu keberangkatan dan penambahan stasiun pemberhentian di Jatinegara untuk beberapa kereta api.

B. Kedatangan Stasiun Pasar Senen

Empat kereta api, yaitu KA Gumarang, Jayakarta, Kertajaya, dan Tegal Bahari, mengalami perubahan jadwal kedatangan di Stasiun Pasar Senen. Perubahan ini termasuk penyesuaian waktu kedatangan dan penambahan stasiun pemberhentian di Jatinegara sebelum tiba di Pasar Senen.

Baca Juga :  Pertamina Genjot Jargas, Indonesia Menuju Nol Emisi?

C. Keberangkatan Stasiun Gambir

Tiga kereta api Argo Parahyangan (KA 36A, 50A, dan 52A) mengalami perubahan jadwal keberangkatan dan penambahan stasiun pemberhentian di Jatinegara dan Bekasi. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan penumpang yang berasal dari wilayah tersebut.

D. Keberangkatan Stasiun Bandung

Dua kereta api Argo Parahyangan (KA 43A dan 39B) mengalami perubahan jadwal keberangkatan dan penambahan stasiun pemberhentian di Cimahi, Bekasi, dan Jatinegara sebelum tiba di Gambir. Perubahan ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan penumpang yang semakin beragam.