EkbisNasional

BINA dan Harbolnas 2024, Katalisator untuk UMKM Digital Indonesia

9
×

BINA dan Harbolnas 2024, Katalisator untuk UMKM Digital Indonesia

Sebarkan artikel ini
BINA dan Harbolnas 2024, Katalisator untuk UMKM Digital Indonesia
BINA dan Harbolnas 2024, Katalisator untuk UMKM Digital Indonesia. Info Publik.

Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) mengumumkan dukungannya terhadap kampanye Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan Belanja di Indonesia Aja (BINA) 2024.

Kampanye ini akan digelar pada Desember 2024 untuk meningkatkan daya beli masyarakat serta menggerakkan perekonomian nasional.

Khususnya, Kemkomdigi berfokus untuk melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan yang berfokus pada digitalisasi, guna menyukseskan acara yang telah menjadi agenda tahunan ini.

Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi), Meutya Hafid, dalam keterangannya di Jakarta, pada Jumat (29/11/2024), menjelaskan bahwa Kemkomdigi akan memberikan dukungan penuh terhadap kampanye ini, baik secara online maupun offline.

“Kemkomdigi dalam hal ini supporting, karena tentu secara online. Jadi kita nanti untuk kampanye,” ujar Meutya, merujuk pada peran kementerian dalam memfasilitasi partisipasi UMKM digital.

Baca Juga :  Operasi Gabungan Perketat Pengawasan Perbatasan RI-Timor Leste

Peran UMKM dalam Harbolnas dan BINA 2024

Menurut Menkomdigi, dukungan Kemkomdigi untuk Harbolnas dan BINA 2024 tidak hanya berupa kampanye, tetapi juga aktif mendorong pelaku UMKM untuk terlibat. UMKM yang sebelumnya telah digandeng dalam program-program digitalisasi akan diberdayakan agar bisa ikut berpartisipasi dalam perayaan belanja nasional tersebut.

“Kami mendorong UMKM yang dibawa kami, yang sudah di-level up ke UMKM digital, juga untuk terlibat,” tutur Meutya.

Program digitalisasi UMKM yang dilakukan oleh Kemkomdigi selama ini telah terbukti membantu banyak usaha kecil dan menengah beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Dalam rangka mendukung Harbolnas, Kemkomdigi bertujuan untuk mengoptimalkan potensi besar sektor UMKM dalam meningkatkan transaksi online, yang merupakan salah satu tujuan utama dari kampanye ini.

Baca Juga :  Cegah Kenaikan Harga, Bapanas Tunjuk Daerah Tertentu untuk Penyaluran Beras SPHP

Kolaborasi antar Kementerian dan Lembaga

Harbolnas dan BINA 2024 tidak hanya melibatkan Kemkomdigi, namun juga berbagai kementerian dan lembaga negara yang berkolaborasi untuk memastikan kesuksesannya.

Rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada 29 November 2024, mengumpulkan para pemangku kepentingan, termasuk Menteri UMKM Maman Abdurrahman dan Menteri Pariwisata Widiyanto Putri Wardhana, untuk menyusun rencana strategis pelaksanaan acara tersebut.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bertindak sebagai koordinator utama dalam perencanaan teknis dan kebijakan pelaksanaan Harbolnas dan BINA 2024.

Menurut Meutya Hafid, pelaksanaan kampanye ini akan dilaksanakan baik secara online maupun offline.